ANALISIS DINAMIKA KENDARAAN BERBELOK (STUDI KASUS JALAN SUKOLILO – PURWODADI KM. 6 + 529 – 6 + 829 DI KABUPATEN PATI)

ARDIANTI, ESTI (2016) ANALISIS DINAMIKA KENDARAAN BERBELOK (STUDI KASUS JALAN SUKOLILO – PURWODADI KM. 6 + 529 – 6 + 829 DI KABUPATEN PATI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
12020027_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[img] Text (BAB 1)
12020027_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 2)
12020027_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB 3)
12020027_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
12020027_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
12020027_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12020027_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)

Abstract

MediaPati.com-Purwodadi Jalanan Raya daerah Sukolilo tepatnya di desa Jati pohon (6/2/2015) perbatasan antara sukolilo dan purwodadi telah erjadi kecelakaan mobil Pick Up terbalik memuat buah rambutan dengan Nopol K1749 JF akibat sang sopir tidak menguasai laju kendaraannya melalui tikungan tajam di Jatipohon dan mobil rusak parah. Dari permasalahan diatas pengemudi tidak menguasai tikungan dengan kecepatan yang tinggi yang dikarenakan kondisi tikungan sangat sempit dan tajam dari arah lawan kendaraan. Untuk itu penulis akan menganalisis kecepatan maksimum kendaraan mobil di tikungan menggunakan metode pengukuran dimensi dan pengukuran jari-jari radius putar jalan. Penulis mengukur dimensi kendaraan, mencari posisi titik letak berat mobil, kemiringan jalan, dan mengukur jari jari jalan di Jalan Purwodadi-Sukolilo KM.6+529-6+829 menggunakan Software Autocad sehingga dapat menganalisis kecepatan maksimum mobil di tikungan dengan adius tikung yang kecil sekitar 19,43 meter. Setelah dianalisis penulis menemukan dan menentukan batas kecepatan aman agar tidak terjadi skid dan guling atau kecelakaan yang serupa untuk mobil penumpang khususnya Hawkeye Type Fortuner akibat kecepatan yang berlebih saat berbelok, dan dapat menjadi peringatan bagi pengemudi kendaraan penumpang khususnya mobil ini yang mempunyai batas kecepatan maksimum 30 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan , tergulingnya kendaraan, tikungan, kecepatan,skid
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 21 Mar 2023 05:11
Last Modified: 21 Mar 2023 05:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item