KAJIAN PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN DI SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI VISSIM (STUDI KASUS KOTA PALANGKA RAYA)

PRADANA, MUHAMAD KUSUMA (2020) KAJIAN PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN DI SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI VISSIM (STUDI KASUS KOTA PALANGKA RAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010305_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1)
16010305_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2)
16010305_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB 3)
16010305_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB 4)
16010305_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB 5)
16010305_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010305_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ruang Henti Khusus Sepeda Motor adalah ruang pada simpang bersinyal yang digunakan oleh pengguna sepeda motor untuk menunggu dipersimpangan saat fase lampu lalu lintas berwarna merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ruang Henti Khusus Sepeda Motor yang sesuai untuk pendekat simpang Jalan Tjilik Riwut Utara dan Jalan Tjilik Riwut Selatan Kota Palangka Raya dengan melakukan uji coba simulasi pada software Vissim, serta mengetahui konflik lalu lintas sebelum dan sesudah uji coba Ruang Henti Khusus Sepeda Motor tersebut. Berdasarkan hasil analisis, Ruang Henti Khusus yang sesuai untuk pendekat simpang Jalan Tjilik Riwut Utara dan Jalan Tjilik Riwut Selatan tersebut adalah tipe kotak dengan lebar 10,5 m dan panjang 8 m. Analisis menggunakan analisis software Vissim dapat diketahui bahwa penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja simpang dengan adanya penurunan panjang antrian pada Jalan Tjilik Riwut Utara mampu menurunkan panjang antrian sebesar 13,6 meter dan tundaan sebesar 1,1detik. Jalan Tjilik Riwut Selatan mampu menurunkan panjang antrian sebesar 21,4 meter dan tundaan sebesar 11,6 detik. Jalan Antang mampu menurunkan panjang antrian sebesar 9,9 meter dan tundaan sebesar 1,1 detik. Sedangkan untuk konflik lalu lintas terjadi penurunan pada kaki simpang yang diterapkan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor, pada Jalan Tjilik Riwut Utara sebanyak 2 konflik rear end dan untuk konflik lane change sebanyak 1 konflik. Untuk Jalan Tjilik Riwut Selatan konflik rear end sebanyak 8 dan untuk konflik lane change sebanyak 0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arus Lalu Lintas, Konflik Lalu Lintas, Ruang Henti Khusus
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:12
Last Modified: 21 Mar 2023 03:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item