EFEKTIVITAS MODEL RUMBLE STRIP UNTUK MENINGKATKAN KEWASPADAAN PENGEMUDI (STUDI KASUS : JL. PAJANG- PARANGTEJO KABUPATEN SUKOHARJO)

SUKMASARI, ANNISA PRAVITA (2020) EFEKTIVITAS MODEL RUMBLE STRIP UNTUK MENINGKATKAN KEWASPADAAN PENGEMUDI (STUDI KASUS : JL. PAJANG- PARANGTEJO KABUPATEN SUKOHARJO). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
13010315_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB 1)
13010315_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB 2)
13010315_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB 3)
13010315_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB 4)
13010315_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
13010315_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (344kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13010315_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh jarak tertentu dalam satuan waktu, dinyatakan dalam kilometer per jam. Pada dasarnya kecepatan di jalan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah. Namun perilaku sebagian besar manusia yaitu masih melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini perlu dibuat alat pengendali dan pengaman jalan untuk membuat pengemudi kendaraan bermotor meningkatkan kewaspadaan dengan cara mengurangi kecepatannya. Jalan Pajang- Parangtejo merupakan daerah rawan kecelakaan karena kurangnya antisispasi oleh pengemudi yang bersumber dari kecepatan tinggi sehingga perlu dilakukan uji coba alat pengendali dan pengaman jalan berupa rumble strip model A dan B untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dengan cara menurunkan kecepatannya. Efektivitas alat pengendali dan pengaman jalan didasarkan pada penurunan kecepatan dan analisis perbandingan rata- rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa rumble strip yang paling efektif adalah rumble strip model B dengan desain lebar rumble strip yaitu 25 cm, tinggi 1 cm dan jarak setiap rumble stripnya yaitu 50 cm. Karena dapat menurunkan kecepatan pada Arah Pajang untuk kendaraan MC (5%), LV (7%) dan HV (6%), sedangkan pada Arah Parangtejo untuk kendaraan MC (9%), LV (4%) dan HV (5%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Kendaraan, Efektivitas, Keselamatan, Rumble Strip
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:12
Last Modified: 21 Mar 2023 03:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item