ANALISIS KINERJA SIMPANG TIDAK BERSINYAL UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PADA SIMPANG ALUN-ALUN LAMA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

KARSONO, BENEDIKTUS AGUNG (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG TIDAK BERSINYAL UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PADA SIMPANG ALUN-ALUN LAMA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
15010246_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (957kB)
[img] Text (BAB 1)
15010246_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2)
15010246_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB 3)
15010246_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
15010246_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
15010246_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15010246_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf

Download (280kB)

Abstract

Persimpangan merupakan pertemuan antara 2 atau lebih jalur lalu lintas yang mengakibatkan kendaraan bertemu pada satu titik yang sama. Simpang alun – alun lama ungaran merupakan sebuah persimpangan yang terletak pada kabupaten Semarang yang merupakan pusat sosial dan ekonomi masyarakat, sehingga menimbulkan bangkitan dan tarikan perjalanan yang tinggi pada persimpangan tersebut. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk mengukur kinerja simpang serta metode analisis konflik dan kecepatan untuk mengetahui tingkat konflik pada persimpangan dan kecepatan sebelum memasuki persimpangan. Hasil perhitungan kinerja yang didapatkan, simpang alun-alun lama ungaran memiliki tingkat pelayanan B, tetapi memiliki tingkat konflik dan kecepatan yang tinggi pada daerah persimpangan. Untuk mengatasi persmasalahan tersebut dibuat pengaturan simpang yaitu pada kaki simpang minor D dan Kaki simpang minor B dilarang lurus untuk mengurangi konflik pada simpang serta penambahan perlengkapan jalan berupa rambu batas kecepatan 40 km/jam dan rumble strip untuk mengurangi kecepatan sebelum memasuki simpang serta penambahan pagan pembatas antara trotoar dan badan jalan untuk mengurangi kendaraan untuk berhenti dan parkir pada simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang, Tingkat Pelayanan, Keselamatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:12
Last Modified: 21 Mar 2023 03:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item