LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURAKARTA

KURNIAWAN, ANDHIKA and FAQIH, ALFIAN FAJRUL and ASMARANI, AULIA and WIBOWO, FAJAR RIYADI TRI and CHOZALI, MIRZA MAULVI and AQMA, NURDIANOV (2020) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURAKARTA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB 1)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-BAB 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
17010420_17010449_17010364_17010457_17010377_17010383-PKP 1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi atau pengangkutan merupakan suatu proses pergerakan atau perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu sistem transportasi tertentu untuk maksud dan tujuan tertentu. Pergerakan atau perpindahan barang atau manusia terjadi akibat adanya perbedaan tingkat utilitas, baik itu berupa nilai tempat (place utility) maupun nilai waktu (time utility). Transportasi merupakan salah satu sarana untuk memperlancar roda perekonomian, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, dalam rangka memantapkan perwujudan wawasan nusantara meningkatkan serta mendukung pertahanan dan keamanan Negara yang selanjutnya dapat mempererat hubungan antar bangsa. Siregar (1995) menjelaskan bahwa transportasi merupakan suatu pelayanan yang dirancang untuk melayani masyarakat dengan menghubungkan lokasi-lokasi yang banyak dan tak menentu jumlahnya, dimana aktivitas-aktivitas itu berada. Dengan demikian, lokasi-lokasi tersebut bukan merupakan suatu yang berdiri sendiri, namun merupakan bagian dari sosial ekonomi yang mengarah pada suatu daerah, wilayah dan atau suatu bangsa.(Goleman et al., 2019). Berdasarkan UU no 22 Tahun 2009, Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, Kendaraan, Jalan, dan/atau lingkungan. Selanjutnya, Kecelakaan merupakan suatu peristiwa di jalan raya yang tidak disangka sangka dan tidak sengaja, melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya, yang dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. (Hobbs, 1995) dalam (Yani, 1996) Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang sulit untuk diprediksi kapan dan dimana terjadinya. Kecelakaan tidak hanya mengakibatkan 2 trauma, cidera, ataupun kecacatan, tetapi juga dapat mengakibatkan kematian. Kasus kecelakaan sulit diminimalisir dan cenderung meningkat seiring pertambahan panjang jalan dan banyaknya pergerakan dari kendaraan. Berdasarkan data dari WHO tahun 2018, Indonesia merupakan negara dengan kecelakaan tertinggi ketiga di dunia. Data tersebut tentu sangat mengkhawatirkan. Mengingat, pengguna jalan di Indonesia jumlahnya sangat besar. Selain itu, jarak yang rapat antara satu kendaraan dengan kendaraan lain, bisa membawa korban lebih banyak. Sebab, ketika kendaraan lain jatuh, kendaraan di belakangnya mungkin tak punya cukup waktu untuk menghindar. Jumlah kendaraan di Indonesia sendiri semakin tahun semakin banyak,tercatat Badan Pusat Statistika pada tahun 2018 jumlah total kendaraan sebesar 146.858.759. Kota Surakarta adalah wilayah otonom dengan status Kota di bawah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan penduduk 517.887 jiwa (2019) dan kepadatan 11,771/km2. Kota dengan luas 44 km2, ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduk. Kota Surakarta merupakan kota yang menjadi sentral di daerah Surakartaraya. Semakin bertambahnya tahun, masyarakat luar Kota Surakarta dengan tujuan hanya berkunjung atau menetap. Oleh karena itu, Kota Surakarta mengalami perkembangan dari berbagai sektor sehingga upaya dalam meningkatkan kualitas suatu wilayah terus menerus dilakukan. Beberapa ruas jalan di Kota Surakarta mengalami perkembangan yang pesat diberbagai sektor terutama pemukiman, perdagangan dan jasa komersial. Namun semakin berkembang, permasalahan di jalan juga semakin meningkat. Pada 2020 Kota Surakarta menjadi tujuan utama para pemudik saat liburan akhir tahun. Hal itu menimbulkan beberapa permasalahan lalu 3 lintas di wilayah kota Surakarta seperti kecelakaan, kemacetan dan pelanggaran. Pihak Dinas perhubungan sudah menerapkan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, namun itu belum cukup membantu mengurangi permasalahan yang ada. Hal ini yang mendasari kelompok kami memilih Kota Surakarta menjadi lokasi studi kasus kami. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Kepolisian Kota Surakarta jumlah kecelakaan tertinggi adalah pada tahun 2019 yaitu sebanyak 845 kejadian. Pada tahun 2018 jumlah kecelakaan sebanyak 834 kejadian. Pada tahun 2016 jumlah kecelakaan menurun yaitu sebanyak 681 kejadian. Pada tahun 2017 jumlah kecelakaan menurun yaitu sebanyak 672 kejadian. Dan tahun 2015 merupakan jumlah kejadian paling sedikit 525 kejadian. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah kecelakaan di Kota Surakarta. Dalam kurun waktu 5 tahun (2015-2019) sebanyak 3557 kejadian kecelakaan terjadi di kota Surakarta. Maka dari itu Tim Praktek Kerja Profesi Kota Surakarta akan melakukan pengkajian dan analisis terhadap permasalahan yang ada terutama yang bersangkutan dengan keselamatan transportasi jalan yang terangkum dalam “LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURAKARTA”.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: DISHUB KOTA SURAKARTA, KESELAMATAN JALAN
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:32
Last Modified: 18 Jul 2023 00:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item