SABRINA, AMELIA CHANDRA and SAPUTRA, BAGAS JATI and PRATAMA, DIMAS ADITYA and WIDIYAWATI, FANI and ANANDITHA, MUHAMMAD RIFQI and PUTRI, NADYA RIANI (2020) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEPARA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-ABSTRAK.pdf Download (511kB) |
|
Text (BAB 1)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-BAB 1.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 2)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-BAB 5.pdf Download (347kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010390_17010365_17010454_17010371_17010381_17010439-PKP 1-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil penilaian kinerja keselamatan Kabupaten Jepara yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Identifikasi daerah rawan kecelakaan (DRK) menggunakan tiga metode analisis kecelakaan. Hasil analisis daerah rawan kecelakaan yang dilakukan pada ruas jalan di Kabupaten Jepara menggunakan beberapa metode mendapatkan hasil yang berbeda. Menggunakan metode Z�Score diperoleh 3 ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan. Berdasarkan metode frekuensi diperoleh 3 ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan. Sedangkan metode EAN diperoleh 1 ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan. Terdapat 3 ruas jalan yang diidentifikasi sebagai blacklink yaitu Jalan Raya Jepara-Kudus, Jalan Jepara-Welahan, Jalan Jepara�Bangsri. Dengan titik kecelakaan (blackspot) terdapat di Putra Jepara, Polsek Mayong, TK. Bhayangkari, Rumah Batu Bata, Rumah Makan Madani, Rumah Makan Sate Pak Ali. 2. Rekomendasi dari hasil analisis ditujukan untuk penanganan pada daerah rawan kecelakaan khususnya lokasi blackspot. 3. Dapat disimpulkan dari analisis kejadian kecelakaan mengenai perilaku pengguna jalan sebagai berikut : a. Jenis tabrakan depan - depan dan jenis kendaraan dominan sepeda motor b. Tabrakan depan - depan ini diakibatkan oleh pengguna sepeda motor. Kecelakaan paling dominan yaitu kendaraan sepeda motor. Pengguna sepeda motor yang sering menyalip dengan kecepatan tinggi, rata - rata kecepatan kendaraan di ruas jalan yang daerah rawan kecelakaan yaitu 50 km / jam - 80 km / jam c. Waktu kecelakaan paling dominan pagi hari pukul 06.00-09.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB. Pada waktu ini bertepatan dengan peak pagi d. yang berangkat kerja / aktifitas dan peak sore yang pulang kerja / aktifitas e. Profesi korban dominan yaitu bekerja sebagai karyawan swatsa. Berarti menandakan aktifitas pengguna jalan didominasi oleh seorang karyawan swasta yang berangkat dan pulang kerja. f. Usia korban dominan 16-30 tahun di mana usia tersebut usia produktif. Jenis kelamin korban paling banyak juga laki - laki sehingga diusia produktif dan seorang laki - laki memiliki berani mengambil risiko selama berlalu lintas untuk memacu kendaraan lebih cepat dan terburu - buru.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DINAS PERHUBUNGAN, KESELAMATAN, JALAN |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:06 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 02:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/787 |
Actions (login required)
View Item |