PERENCANAAN FASILITAS JALUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN PERKANTORAN DI JALAN PEMBANGUNAN KABUPATEN SAMBAS

HAMDI, IRFAN ASYROFI (2021) PERENCANAAN FASILITAS JALUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN PERKANTORAN DI JALAN PEMBANGUNAN KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010460_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB 1)
17010460_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2)
17010460_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010460_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010460_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17010460_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010460_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda merupakan salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan dan bebas polusi udara, berbeda dengan kendaraan bermotor yang menghasilkan emisi gas buang yang menyebabkan polusi udara sehingga mendorong pemanasan global. Memilih sepeda sebagai moda transportsi utama yang memiliki manfaat bagi suatu wilayah. Jalan Pembangunan Kabupaten Sambas merupakan pusat perkantoran yang masih belum memiliki jalur khusus sepeda, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan bagi pengendara sepeda maka perlu adanya perencanaan jalur khusus sepeda di Jalan Pembangunan Kabupaten Sambas. penulis menggunakan metode analisis Level Of Servis (LOS) untuk menilai kinerja jalan yang menjadi indicator dari kemacetan, analisis Bicycle Level Of Service (BLOS) untuk menilai tingkat efektivitas jalur khusus sepeda dan analisis Hazard untuk mengetahui lokasi-lokasi yang dapat mengganggu atau mengurangi keselamatan pengguna sepeda melintas pada rute lajur khusus sepeda. Berdasarkan hasil analisis V/C ratio pada Jalan Pembangunan dari dua arah yaitu Arah Singkawang dan Arah Bengkayang dimana tidak ada perubahan, yaitu masih memiliki nilai LOS dengan kategori “C” yang sebelumnya juga “C” dengan arti kendaraan masih arus stabil dan untuk hasil analisis peringkat nilai BLOS yang memiliki kategori sama pada hari lainnya yaitu hari Senin,Sabtu dan Minggu dengan kategori “D” dengan arti lingkungan kurang untuk sepeda tetapi dapat diterima oleh pesepeda yang berpengalaman. Diketahui dari hasil analisis Hazard di jalur speda terdapat 21 titik teridentifikasi sebagai Hazard yang membahayakan pengguna sepeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Sepeda, Jalur Khusus Sepeda, Keselamatan, Kabupaten Sambas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:11
Last Modified: 01 Dec 2022 07:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item