DESAIN FASILITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN PEJALAN KAKI DI JALAN GARUDA KABUPATEN TEGAL

FAQIH, ALFIAN FAJRUL (2021) DESAIN FASILITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN PEJALAN KAKI DI JALAN GARUDA KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17.01.0420-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (729kB)
[img] Text (BAB 1)
17.01.0420-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2)
17.01.0420-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17.01.0420-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17.01.0420-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17.01.0420-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.01.0420-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy

Abstract

Di salah satu kecamatan di Kabupaten Tegal yaitu kecamatan Kramat terdapat suatu kawasan yang merupakan daerah pendidikan dengan jarak antar sekolah berdekatan. Di kawasan tersebut terdapat tiga sekolah yaitu TK, SD, dan SMK. Pada jalan tersebut belum terdapat sarana dan prasarana lalu lintas yang menunjang keselamatan bagi pengguna jalan khususnya pada aktivitas pejalan kaki di kawasan pendidikan tersebut. Kawasan pendidikan tersebut juga banyak kendaraan yang melintas dengan kecepatan yang cenderung cukup tinggi. Hal ini dapat menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan di tambah belum tertibnya karakteristik pengantar dan penjemput peserta didik sehingga keselamatan pejalan kaki perlu menjadi perhatian yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting lalu lintas dan pejalan kaki, jumlah titik konflik lalu lintas, tingkat kebutuhan ZoSS serta bentuk desain ZoSS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei dan observasi. Survei yang di lakukan diantaranya volume lalu lintas, kecepatan sesaat, inventarisasi jalan, konflik lalu lintas, survei pengamatan perilaku penyeberang dan pengantar serta wawancara. Analisis dilakukan terhadap volume lalu lintas, kecepatan sesaat, inventarisasi jalan, konflik lalu lintas, satistik uji Z, dan wawancara. Hasil dari penelitian tersebut di dapat V/C Ratio sebesar 0,45 (level of service C) dan volume pejalan kaki menyeberang pada jam sibuk pagi dengan jumlah 204 orang/jam. Jumlah titik konflik pada kawasan tersebut 9 titik konflik. Nilai Zhitung = -1,3 perilaku penyebrang SMK Muhammadiyah Kramat, Zhitung = -4,18 perilaku penyeberang jalan SD Muhammadiyah Kemantran, Zhitung = -2,73 perilaku penyeberang jalan Tk Aisyiyah Kemantran, Zhitung = -1,7 perilaku pengantar dan kecepatan kendaraan rata – rata yang melintas di kawasan tersebut adalah 38,3 km/jam, dan dari hasil wawancara 100 responden menjawab bahwa keselamatan itu penting, 86 responden menjawab menyeberang di depan sekolah masih berbahaya, serta 100 responden setuju apabila direncanakan ZoSS. Desain ZoSS sesuai dengan PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT Nomor: (SK. 3582/AJ.403/DRJD/2018).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Zona Selamat Sekolah, Keselamatan, Pejalan Kaki, Perilaku Penyeberang, Perilaku Pengantar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:54
Last Modified: 30 Nov 2022 03:54
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item