OPTIMASI RUTE ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEBARAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN BOYOLALI

KHAERULLOH, MUHAMMAD JAUHAR NABIL (2021) OPTIMASI RUTE ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEBARAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010408-KRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text (BAB I)
17010408-KRIPSI-BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB II)
17010408-KRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
17010408-KRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
17010408-KRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
17010408-KRIPSI-BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010408-KRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy

Abstract

Korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dari tahun 2016 – 2020 didominasi oleh pelajar 36% atau sejumlah 1.217 kejadian, dengan rentang usia 16 – 30 tahun yang mana masih usia remaja. Dengan melihat tingginya angka kecelakaan di usia pelajar maka perlu adanya peningkatan minat pelajar dan masyarakat umum untuk menggunakan angkutan umum oleh para siswa ketika berangkat dan pulang sekolah. Tujuan penelitian adalah menganalisis kondisi kondisi eksisting dan permintaan siswa dalam penggunaan moda perjalanan serta untuk menganalisis kinerja pelayanan angkutan umum yang diharapkan siswa. Selanjutnya, akan dilakukan analisis optimalisasi rute angkutan umum berdasarkan persebaran fasilitias pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Observasi yakni dengan melakukan survei inventarisasi angkutan umum, survei statis dan survei dinamis di lokasi penelitian untuk memperoleh data yang digunakan untuk penelitian. Kemudian menggunakan metode angket/wawancara untuk mengetahui pendapat responden. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa mayoritas siswa menggunakan kendaraan pribadi yakni sebanyak 73% siswa menggunakan Sepeda Motor, minat siswa untuk berpindah menggunakan angkutan umum masih rendah, yakni sebanyak 38% dan yang siswa yang tidak tertarik untuk berpindah menggunakan angkutan umum sebanyak 62%. Jumlah permintaan potensial transportasi angkutan umum pada Trayek 01 sejumlah 1.092 perjalanan orang per hari, jumlah permintaan potensial transportasi angkutan umum pada trayek AKDP rute Boyolali – Solo via Nogosari PP sejumlah 916 perjalanan orang per hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Rute, Angkutan umum, Sekolah
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:44
Last Modified: 29 Nov 2022 03:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item