PENINGKATAN KESELAMATAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (STUDI KASUS : JALAN NGADILUWIH - MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR)

NURCHOLIS, IHSAN HAJI (2021) PENINGKATAN KESELAMATAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (STUDI KASUS : JALAN NGADILUWIH - MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-1-18.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-19-25.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-26-40.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-41-54.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-55-226.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-227-231.pdf

Download (70kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI_IHSAN HAJI NURCHOLIS_17.01.0373 - Ihsan Haji Nurcholis-232-267.pdf

Download (256kB)

Abstract

Berdasarkan data kecelakaan Polres Kabupaten Karanganyar pada tahun 2016 – 2020 jalan Ngadiluwih – Matesih sebanyak 83 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal dunia 16 jiwa dan 126 luka ringan. Penyebab kecelakaan tersebut terjadi karena faktor jalan 53%, faktor manusia 36%, kendaraan 7% dan lingkungan 3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting pada ruas jalan Ngadiluwih – Matesih. Mengetahui potensi bahaya pada ruas jalan Ngadiluwih - Matesih menggunakan metode HIRARC dengan Mulyono dkk, 2009 dan metode HIRARC dengan Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management. Membuat upaya penanganan risiko kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan ruas jalan Ngadiluwih - Matesih. Analisis HIRARC dengan Mulyono dkk, 2009 merupakan pengkategorian risiko berdasarkan nilai peluang defisiensi keselamatan infrastruktur jalan terhadap potensi kecelakaan dan nilai dampak keparahan korban kecelakaan berdasarkan tingkat fatalitas, sedangan analisis HIRARC dengan Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management merupakan pengkategorian risiko berdasarkan nilai tingkat keparahan yang diperkirakan dapat terjadi dan nilai kemungkinan terjadinya suatu risiko. Hasil pengkategorian risiko menggunakan analisis HIRARC dengan Mulyono dkk, 2009 didapatkan pengkategorian risiko dari semua segmen yaitu dengan nilai sebesar 125-250 yang termasuk dalam kategori cukup berbahaya (CB) dan berdasarkan analisis HIRARC dengan Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management didapatkan tingkat risiko dari semua segmen yaitu moderate. Dari hasil pengkategorian risiko tersebut selanjutnya dilakukan peningkatan keselamatan jalan dengan usulan penanganan untuk semua segmen ruas jalan Ngadiluwih – Matesih. Kata Kunci: Pengkategorian Risiko, Penilaian Risiko, Keselamatan Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengkategorian Risiko, Penilaian Risiko, Keselamatan Jalan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:34
Last Modified: 13 Jul 2023 02:19
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item