DEWANTARI, KADEK PRITA (2021) PENERAPAN METODE ACCIDENT MODIFICATION FACTORS PADA GEOMETRI JALAN DI LOKASI RAWAN KECELAKAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17.01.0375_Skripsi_Abstrak.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1)
17.01.0375_Skripsi_BAB 1.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB 2)
17.01.0375_Skripsi_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17.01.0375_Skripsi_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17.01.0375_Skripsi_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17.01.0375_Skripsi_BAB 5.pdf Download (80kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17.01.0375_Skripsi_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi jalan. Dalam upaya meminimalisir kecelakaan, pencegahan dapat dilakukan dengan peningkatan keselamatan melalui perbaikan desain geometri jalan. Penelitian ini menggunakan metode Accident Modification Factors (AMF) untuk memprediksi frekuensi kecelakaan yang diakibatkan oleh desain geometri jalan. Dari hasil perhitungan prediksi kecelakaan menggunakan Safety Performance Functions (SPF) dan Empirical Bayes (EB), menghasilkan nilai efektifitas keselamatan sebesar 2% untuk kondisi eksisting geometri jalan. Pemodelan prediksi kecelakaan juga dilakukan melalui uji Generalized Poisson Regression (GPR) guna mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan. Dari hasil pemodelan prediksi kecelakaan diketahui faktor geometri jalan yang paling berkontribusi terhadap kecelakaan di Jl. Mastrip KM 6-7 adalah lebar lajur serta lebar dan jenis bahu. Semakin lebar lajur maka resiko kecelakaan akan semakin meningkat. Lebar bahu yang tidak sesuai standar dengan jenis permukaan yang tidak diperkeras juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Kata kunci : Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors (AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors (AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:17 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/688 |
Actions (login required)
View Item |