PENERAPAN METODE ACCIDENT MODIFICATION FACTORS PADA GEOMETRI JALAN DI LOKASI RAWAN KECELAKAAN

DEWANTARI, KADEK PRITA (2021) PENERAPAN METODE ACCIDENT MODIFICATION FACTORS PADA GEOMETRI JALAN DI LOKASI RAWAN KECELAKAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17.01.0375_Skripsi_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1)
17.01.0375_Skripsi_BAB 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2)
17.01.0375_Skripsi_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17.01.0375_Skripsi_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17.01.0375_Skripsi_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17.01.0375_Skripsi_BAB 5.pdf

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.01.0375_Skripsi_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi jalan. Dalam upaya meminimalisir kecelakaan, pencegahan dapat dilakukan dengan peningkatan keselamatan melalui perbaikan desain geometri jalan. Penelitian ini menggunakan metode Accident Modification Factors (AMF) untuk memprediksi frekuensi kecelakaan yang diakibatkan oleh desain geometri jalan. Dari hasil perhitungan prediksi kecelakaan menggunakan Safety Performance Functions (SPF) dan Empirical Bayes (EB), menghasilkan nilai efektifitas keselamatan sebesar 2% untuk kondisi eksisting geometri jalan. Pemodelan prediksi kecelakaan juga dilakukan melalui uji Generalized Poisson Regression (GPR) guna mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan. Dari hasil pemodelan prediksi kecelakaan diketahui faktor geometri jalan yang paling berkontribusi terhadap kecelakaan di Jl. Mastrip KM 6-7 adalah lebar lajur serta lebar dan jenis bahu. Semakin lebar lajur maka resiko kecelakaan akan semakin meningkat. Lebar bahu yang tidak sesuai standar dengan jenis permukaan yang tidak diperkeras juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Kata kunci : Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors (AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors (AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:17
Last Modified: 28 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item