CHOZALI, MIRZA MAULVI (2021) OPTIMALISASI KENYAMANAN DAN KESELAMATAN PENYEBERANG JALAN DI JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) (STUDI KASUS ECO-JPO GLADHAG PANTI HUSADA SOLO JALAN KOLONEL SUTARTO, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010377-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 1)
17010377-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2)
17010377-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17010377-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17010377-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17010377-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010377-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
Abstract
Eco JPO dibangun untuk menjawab kebutuhan pengguna jalan yang akan menyeberang dengan tujuan mencegah konflik lalu lintas dan potensi kecelakaan. Meskipun lokasi jembatan berada di depan rumah sakit dan ruas jalan dibatasi median, masih banyak pejalan kaki yang menyeberang di jalan langsung. Tingkat penggunaan Eco JPO yang masih rendah menunjukan bahwa keselamatan bukanlah hal yang utama bagi penyeberang jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan JPO yang ditinjau dari karakteristik pejalan kaki (arus,kecepatan, kepadatan, ruang), efektivitas penggunaan JPO, dan pengaruh fasilitas JPO terhadap efektivitas JPO di Eco Jpo Solo. Pengumpulan data volume penyeberang JPO, karakteristik pejalan kaki, data kuesioner dan kondisi fasilitas JPO. Analisis dilakukan terhadap karakteristik pejalan kaki, tingkat pelayanan JPO, efektivitas pengguna JPO, dan analisis kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pelayanan pengguna JPO berdasarkan ruang pejalan kaki pada hari kerja dan hari libur memiliki tingkat pelayanan yang sama yaitu termasuk kategori “A”, dimana tingkat pelayanan A artinya pejalan kaki bergerak pada jalur yang diingkan tanpa mengubah pergerakan akibat kehadiran pejalan kaki lain dan tidak ada konflik dengan pejalan kaki lain, dengan nilai 6,67 m2/orang. Berdasarkan presentase keefektifitas JPO pada hari kerja dan hari libur termasuk kategori tidak efektif. Pada hari kerja mempunyai presentase 37,70% dan hari libur 38,97%. Hal ini disebabkan karena banyak dari penyeberang jalan lebih memilih untuk menyeberang langsung lewat. Berdasarkan hasil analisis yang telah diuraikan diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara fasilitas JPO dan efektivitas JPO. Hubungan antara fasilitas JPO dengan efektivitas JPO termasuk kriteria cukup, karena R sebesar 0.38 (karena besarnya < 0,5), besarnya pengaruh adalah 14.5 % (berasal dari 0.145 x 100%), sedangkan 85,5% dipengaruhi oleh faktor–faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, JPO, Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:30 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:30 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/661 |
Actions (login required)
View Item |