PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS PADA JALAN RAYA KARANGJATI KABUPATEN TEGAL

AMNUR, ILMAN RIFALDI (2021) PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS PADA JALAN RAYA KARANGJATI KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010374-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB I)
17010374-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
17010374-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
17010374-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
17010374-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
17010374-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010374-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Tegal merupakan wilayah lintas dan transit dari jalur utara menuju jalur selatan. Kecamatan Tarub merupakan salah satu pusat kegiatan di Kabupaten Tegal, terlihat dari banyaknya pusat perdagangan yang ada di kecamatan ini. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas tinggi dan bercampur sehingga rawan terjadi kecelakaan serta pada beberapa jaringan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan menggunakan perhitungan oleh software Vissim sedangkan metode untuk mengetahui tundaan dan konflik lalu lintas yang terjadi dengan menggunakan software SSAM. Selanjutnya adalah memberikan alternatif rekomendasi dari permasalahan kinerja dan konflik lalu lintas yaitu dengan penataan bagian samping jalan, menghilangkan hambatan samping, dan pengoptimalan waktu siklus pada simpang menggunakan MKJI 1997. kemudian dilakukan perbandingan dengan kondisi eksisting terkait dengan tingkat pelayanan ruas jalan dan simpang, serta tingkat penurunan tundaan dan konflik lalu lintas pada kondisi eksisting. Diketahui bahwa dengan penanganan rekayasa lalu lintas yang telah dilakukan diperoleh peningkatan kinerja jaringan jalan pada ruas Jalan Raya Karangjati, diperoleh kecepatan perjalanan lebih dari 40 km/jam dan kurang dari 50 km/jam maka tingkat pelayanan ruas jalan Raya Karangjati menjadi B dengan pelebaran jalan, penataan bagian samping jalan, dan menghilangkan hambatan samping, serta peningkatan Kinerja Simpang Pasar Balamoa untuk tundaan turun menjadi kurang 10 detik dan kurang dari 30 detik dengan pengoptimalan waktu siklus simpang 2 fase maka Pelayanan pada Simpang 4 Bersinyal menjadi B dan berkurangnya konflik lalu lintas. Katakunci:TingkatPelayanan Jalan,Rekayasa Lalu Lintas, Jalan Raya Karangjati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pelayanan Jalan, Rekayasa Lalu Lintas, Jalan Raya Karangjati
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:12
Last Modified: 28 Nov 2022 03:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item