PENGARUH BEBAN ANGKUT DAN TEKANAN BAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS PICK UP

SANDOVA TP, SALVARTORRY GILBERTH (2021) PENGARUH BEBAN ANGKUT DAN TEKANAN BAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN PADA MITSUBISHI COLT T 120 SS PICK UP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.03.0511 KKW ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1)
18.03.0511 KKW BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2)
18.03.0511 KKW BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB 3)
18.03.0511 KKW BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB 4)
18.03.0511 KKW BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB 5)
18.03.0511 KKW BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.03.0511 KKW LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Faktor faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas meliputi kelalaian pengguna jalan, faktor kendaraan, faktor jalan, serta faktor kondisi lingkungan. Dari faktor tersebut yang sering menyebabkan kecelakaan adalah faktor kendaraan dikarenakan kelalaian perawatan dan perbaikan yang dilakukan terhadap kendaraan bermotor. Maka salah satu sistem yang menunjang keselamatan untuk memenuhi persyaratan teknis dan kelaikan jalan ialah pengujian kendaraan bermotor. Mengetahui pengaruh penambahan variasi beban angkut dan penambahan variasi tekanan ban kendaraan terhadap jarak pengereman dengan metode road test, serta melakukan komparasi hasil uji variasi beban angkut dan variasi tekanan ban terhadap jarak pengereman. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penambahan beban angkut serta pengaruh penambahan tekanan ban terhadap jarak pengereman pada rem utama pada kendaraan barang. Metode ini berdasarkan pertimbangan bahwa sifat penelitian eksperimental adalah mencoba sesuatu untuk mengetahui atau sebab akibat dari suatu perlakuan. Percobaan menggunakan variasi berbagai tekanan ban yang digunakan, bahwa tekanan ban mempengaruhi jarak pengereman kendaraan, karena tekanan yang rendah membuat tapak ban dan daya cengkram ban dengan jalan lebih kuat dan membuat kendaran memperlambat laju kendaraan sehingga proses pengereman lebih cepat dan perlambatan yang dibutuhkan untuk kendaraan sampai berhenti lebih besar. Percobaan dengan menggunakan variasi berbagai beban angkut yang digunakan, bahwa beban angkut mempengaruhi jarak pengereman kendaraan, karena beban angkut membuat gaya pengereman kendaraan bekerja lebih keras, sehingga jarak pengereman yang di capai semakin pendek serta untuk nilai perlambatan yang terjadi semakin besar. hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan sosialisasi bagi para pengemudi angkutan barang, mengenai tata cara pemuatan barang serta pentingnya melakukan pembatasan besar muatan untuk mencegah rem hilang kendali. Kata kunci : Jarak pengereman, perlambatan ,Road Test, analisis regresi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jarak pengereman, perlambatan ,Road Test, analisis regresi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:39
Last Modified: 25 Jul 2023 03:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item