SAFITRIYANINGSIH, BRIANI (2021) KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS PENGARUH BEBAN MUATAN TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN MENGGUNAKAN BAN VULKANISIR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18030518_KKW_Abstrak (1)-1-12.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB 1)
18030518 _KKW_Bab 1 (1)-12-18.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2)
18030518_KKW_Bab 2 (1)-19-32.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (BAB 3)
18030518_KKW_Bab 3(1)-33-41.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text (BAB 4)
18030518_KKW_Bab 4 (1)-42-50.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
|
Text (BAB 5)
18030518 _KKW_Bab 5 (1)-51-56.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18030518_KKW_lampiran (1)-53-56.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
Abstract
Kecenderungan dalam hal menahan beban muatan pasti bertumpu pada tekanan angin yang ada pada ban. Ban sebagai satu-satunya komponen yang berkontak langsung dengan jalan. Ban menjadi komponen yang sangat penting. Secara tidak disadari tekanan angin kerap kali berkurang. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan angin sedit keluar dan ini jarang disadari karena kurangnya tekanan angin tidak terlihat. Dalam keadaan normal dan ban tanpa masalah, tekanan angin akan tetap berkurang.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ban vulkanisir terhadap efisiensi pengereman, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban muatan kendaraan minibus terhadap efisiensi pengereman dan ban kendaraan menggunakan ban vulkanisir serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara efisiensi pengereman minibus antara ban asli dengan ban vulkanisir Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, uji coba dalam penelitian ini sangat menentukan hasil penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji T untuk mengetahui perbedaan antara efisiensi menggunakan ban asli (original) dengan ban vulkanisir Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan didapatkan hasil seperti Terdapat pengaruh penambahan beban terhadap efisiensi rem, untuk ban original penurunan efisiensi rem dibawah ambang batas terjadi pada muatan 11 orang dengan efisiensi 48.3 % sedangkan untuk ban vulkanisir penurunan efisiensi terjadi pada muatan 7 orang dengan efisiensi 48.5 %. Ini membuktikan bahwa pengaruh penggunaan ban vulkanisir sangat menentukan efisiensi rem kendaraan serta dengan menggunakan teknnik analisi uji T didapatkan hasil yaitu ( ) yang artinya Ha diterima terdapat perbedaan yang signifikan antara efisiensi pengereman minibus antara ban asli dengan ban vulkanisir. Kata kunci : Ban Vulkanisir, beban Muatan serta teknik analisis Uji T
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:54 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:16 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/617 |
Actions (login required)
View Item |