WIKAN, TYOSO HENDRASMORO (2021) RANCANG BANGUN ALAT DETEKTOR EMISI CO,HC,NOx, SUHU DAN KELEBABAN PADA LORONG UJI BERBASIS INTERNET OF THINGS DENGAN APLIKASI BLYNK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18030496-KKW-ABSTRAK.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB 1)
18030496-KKW-BAB_1.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2)
18030496-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Text (BAB 3)
18030496-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
|
Text (BAB 4)
18030496-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
18030496-KKW-BAB_5.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18030496-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
Abstract
Kontribusi emisi kendaraan bermotor dalam pencemaran udara di indonesia itu mencapai 75%, di bandingkan dengan lainnya yang hanya sekitar 25%. Pada proses pembakaran pada suatu kendaraan terdapat beberapa gas yang di sebut polutan primer antara lain CarbonMonoksida (CO), HidroCarbon (HC), NitrogenOksida (NOX), SulfurDioksida (SO2), dan Timbal (Pb). Di dalam gedung pengujian, sebagian besar kegiatan menimbulkan emisi gas buang kendaraan bermotor. Gas-gas dari emisi gas buang kendaraan bermotor tersebut dapat meimbulkan dampak yang tidak baik bagi penguji kendaraan bermotor. Penelitian ini dilaksanakan diUPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Sleman dengan menggunakan rancang bangun alat detektor emisi, suhu dan kelembababn di gedung uji, alat ini menggunakan sensor MQ2, MQ7,MQ135,DHT11 dan juga blower yang di gunakan untuk mengurangi gas CO,HC,NOX di gedung Pengujian Kendaraan. Alat ini di rancang dengan tujuan mendeteksi kandungan emisi gas berbahaya yang berada dilorong pengujian kendaraan bermotor kabupaten Sleman yang sehari-hari di hirup oleh penguji dan di harapkan dapat menjadi tolak ukur unit pengujian kendaraan bermotor untuk memperbanyak fentilasi udara serta penggunaan wajib masker, agar penguji dapat mengurangi dampak emisi kendaraan yang berada di sekitarnya Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu Analisis Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan mean atau Rata-rata serta mencari nilai kesalahan alat dengan COHC Tester. Dengan hasil Nilai Kesalahan Gas HidroCarbon (HC) pada rancang bangun dan COHC tester memiliki nilai eror 6,04%, Alat ini di pasang pada beberapa POS di UPTD PKB Kabupaten Sleman agar mengetahui jumlah kadar emisi di gedung uji. Akan tetapi penurunan kadar emisi di gedung uji kabupaten sleman hanya berangsur pelan dan tidak signifikan karena belum terlalu baiknya fentilasi udara dan belum terpasangnya blower di pengujian, maka dari itu untuk mengantisipasi penurunan emisi yang terlalu lama perlu di pasangnya blower di gedung uji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emisi gas buang, Sensor, Pengujian Kendaraan Bermotor |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:03 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:03 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |