PENGEMBANGAN STANDAR PELAYANAN MINIMUN PENGUJIAN SISTEM REM PADA KENDARAAN FULL HYDRAULIC BRAKE, AIR OVER HYDRAULIC BRAKE DAN FULL AIR BRAKE

NURAENI, RAHMA TI'A (2022) PENGEMBANGAN STANDAR PELAYANAN MINIMUN PENGUJIAN SISTEM REM PADA KENDARAAN FULL HYDRAULIC BRAKE, AIR OVER HYDRAULIC BRAKE DAN FULL AIR BRAKE. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030621-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 1)
19030621-KKW-BAB_1.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
19030621-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030621-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030621-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030621-KKW-BAB_5.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030621-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Kasus kematian akibat kecelakaan di Indonesia tergolong tinggi, dari hasil investigasi yang dilakukan, rem blong pada kendaraan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu perlu adanya ketelitian dalam memeriksa system pengereman terutama pada saat dilakukannya proses pengujian kendaraan bermotor. Permasalahan yang sering muncul pada kegiatan pengujian system rem kendaraan bermotor belum ada ketentuan yang mengatur mengenai Standar Pelayanan minimal pada pengujian rem dari pemeriksaan teknis dan laik jalan. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi lapangan, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah analisis pada saat pelaksanaan standar pelayanan minimum yang dibuat sesuai dengan pengembangan pemeriksaan persyaratan teknis sistem rem dengan mengadopsi metode HIRADC berdasarkan data hasil survei lapangan pada sampel. Sampel yang digunakan adalah kendaraan dengan system rem full hydraulic brake, air oveh hydraulic brake dan full air brake. standar pelayanan minimum pengujian persyaratan teknis dan laik jalan pada Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor belum optimal karena waktunya hanya terbuang pada proses antrian bahkan sering terjadi masalah pada saat proses pengujian laik jalan yang seharusnya hanya membutuhkan waktu 30 menit tapi ini sampai 45 menit bahkan lebih. Setelah dilakunnya pengembangan persyaratan teknis pengujian rem maka untuk standar minimum pengujian rem kendaraan full hydraulic brake membutuhkan waktu kurang lebih 32 menit, kendaraan air over hydraulic brake 33 menit dan full air brake 32 menit. Setelah menganalisa pengembangan persyaratan teknis pengujian rem perlu dilakukannya pemeriksaan tromol, celah terhadap kampas rem dan tekanan angin melihat tingkat kefatalan mengunakan metode hiradc yang diakibatkan oleh kurang optimalnya pengujian rem. Kata kunci : Standar Pelayanan Minimum, Pemeriksaan System Rem, Waktu Pemeriksaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimum, Pemeriksaan System Rem, Waktu Pemeriksaan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0621 19.03.0621
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:00
Last Modified: 16 Aug 2022 07:00
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item