VISIBILITAS PENGEMUDI KENDARAAN MENGGUNAKAN LAMPU UTAMA LED PADA SAAT HUJAN ATAU KABUT

RUSKO, M. DWI OKTA (2022) VISIBILITAS PENGEMUDI KENDARAAN MENGGUNAKAN LAMPU UTAMA LED PADA SAAT HUJAN ATAU KABUT. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030591_KKW_ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB 1)
19030591_KKW_BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 2)
19030591_KKW_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030591_KKW_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030591_KKW_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030591_KKW_BAB 5.pdf

Download (549kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030591_KKW_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy

Abstract

Lampu merupakan bagian penting dari sebuah mobil, berfungsi untuk memberikan bantuan penerangan agar orang yang lewat dapat melihat apa yang terjadi di sekitarnya terutama pada malam hari sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan pada mobil. Penelitian ini menggunakan metode statistik inferensial yang akan digunakan untuk menilai dan menganalisis masalah penelitian. Saat membandingkan lampu LED dan lampu Halogen, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Lampu LED mencari titik hamburan cahaya atau mencari titik terang dalam cahaya, sedangkan lampu Halogen mencari titik fokus cahaya terdapat perbedaan antara pengujian lampu depan untuk lampu LED dan lampu halogen, dari 21 tempat kelompok magang 2 Prodi Teknologi Otomotif Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, terdapat 14 tempat kelompok yang alat uji lampu utama headlight tester tidak bisa atau tidak mampu membaca hasil pengujian lampu LED, dan 7 kelompok yang sudah bisa memabaca hasil lampu LED. Pada alat MAHA Lite 3 yang terdapat pada pengujian Kota Denpasar belum mampu atau bisa membaca hasil dari pengujian lampu LED, pada alat Nanhua NHD-6108 sudah bisa atau mampu membaca hasil lampu LED dimana diharapkan pengujian di Indonesia minimal seharusnya memiliki alat yang spesifikasinya sama dengan alat Nanhua NHD-6108 yang mampu membaca lampu LED. Pengemudi mengalami penurunan jarak pandang secara signifikan dalam situasi di mana lampu utama harus terlihat dari jarak setidaknya 100 meter, tetapi ketika terjadi hujan atau kabut, lampu LED utama hanya dapat dilihat dari jarak 31 hingga 40 meter. Dari hasil test statistik uji wilcoxon maka: Dapat disimpulkan Pada saat kondisi hujan/kabut pengemudi lampu utama LED mengalami penurunan visibilitas yang signifikan, Dapat disimpulkan bahwa benar adanya perbedaan kemampuan melihat pengendara dengan dan tanpa penerangan saat hujan dan kabut, Dapat disimpulkan bahwa bener adanya perbedaan kemampuan melihat pengendara antara hujan/kabut ringan, hujan/kabut sedang, dan hujan/kabut deras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: visibilitas, pengemudi, kendaraan, LED, hujan, kabut
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0591 19.03.0591
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:04
Last Modified: 16 Aug 2022 08:04
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item