FIDILIA, SHAULA (2022) ANALISIS FAKTOR KECELAKAAN YANG DISEBABKAN PECAH BAN KENDARAAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN FAKTOR KECELAKAAN LALU LINTAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18010503-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 1)
18010503-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2)
18010503-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18010503-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18010503-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18010503-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18010503-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh 3 faktor yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, dan faktor lingkungan/jalan. Di Jalan Tol Palikanci kejadian kecelakaan lalu lintas paling dominan pada faktor pengemudi yaitu disebabkan kurangnya antisipasi, pada faktor kendaraan kecelakaan lalu lintas paling dominan disebabkan oleh pecah ban, dan pada faktor lingkungan/jalan kecelakaan lalu lintas paling dominan disebabkan oleh kendaraan berhenti. Selain kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Palikanci ditemukan gangguan perjalanan seperti kejadian yang paling dominan yaitu pecah ban dengan jumlah dari tahun 2019 – 2021 sebanyak 3.370 kejadian. Karena hal itu, peneliti hanya akan menganalisis faktor kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor kendaaran dengan mengambil kejadian yang paling dominan yaitu pecah ban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan akibat pecah ban dan untuk menganalisis korelasi antara pecah ban dengan faktor kecelakaan lalu lintas lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang ditujukan kepada 100 responden pengemudi kendaraan yang kebetulan melewati Rest Area KM 207A dan KM 208B Tol Palikanci. Hasil dari data kuesioner kemudian diolah menggunakan metode analisis faktor dengan hasil 13 variabel yang layak menjadi faktor dari 21 variabel yang diteliti. Sedangkan untuk hasil analisis korelasi antara pecah ban dengan faktor kecelakaan lalu lintas lainnya seperti korelasi dengan kurang antisipasi, mengantuk, rem blong, dan kendaraan berhenti menghasilkan korelasi yang signifikan atau yang memiliki hubungan berarti hanya satu, yaitu korelasi antara pecah ban dengan kurang antisipasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Kecelakaan, Pengemudi, Kendaraan, Lingkungan, Pecah Ban |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0503 18.01.0503 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:49 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:49 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/471 |
Actions (login required)
View Item |