SAFITRI, AMALIA (2022) KAJIAN KUALITAS MINYAK REM DILIHAT DARI FLUKTUASI TITIK DIDIHNYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19.03.0605-KKW-ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text (BAB 1)
19.03.0605-KKW-BAB_1.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB 2)
19.03.0605-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19.03.0605-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19.03.0605-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19.03.0605-KKW-BAB_5.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19.03.0605-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi memegang peranan yang sangat penting di dunia. Berkaitan dengan jaminan keamanan dan keselamatan secara teknis terhadap penggunaan kendaraan bermotor di jalan, perlu dilakukan pengujian kendaraan secara cermat sesuai dengan ketentuan. Fakta dilapangan menunjukan masih banyak kecelakaan akibat kegagalan pengereman yang terjadi pada kendaraan dengan sistem rem Hidrolik dan Air Over Hidraulic (AOH) dimana sistem rem tersebut masih mengandalkan minyak rem. Kualitas minyak rem dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya temperature karena minyak rem memiliki sifat higroskopis. Temperature tinggi berpotensi menyebabkan minyak rem mengalami penguapan sehingga menimbulkan gelembung udara yang disebut vapour lock. Proses pengambilan data untuk mengetahui kualitas minyak rem menggunakan metode eksperimen. Proses eksperimen menggunakan 6 sampel merk minyak rem secara acak dengan standar DOT yang berbeda, kemudian dipanaskan sebanyak 4 kali untuk mengetahui laju penurunan temperature titik didihnya. Berdasarkan hasil analisa yang dilaksanakan semakin sering minyak rem melalui proses pemanasan hingga mencapai titik didihnya berpengaruh terhadap penurunan kualitas minyak rem, dilihat dari pengaruh kandungan air yang terus bertambah. Minyak rem yang memiliki kadar air (3%-4%) disarankan untuk segera melakukan bleeding karena kandungan air pada minyak rem akan menurunkan titik didih hingga -+ 50°C sehingga mempengaruhi kualitas minyak rem yang menyebabkan minyak rem mengalami vapour lock. Kata kunci : Minyak Rem, Temperature, Vapour Lock
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minyak Rem, Temperature, Vapour Lock |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 19.03.0605 19.03.0605 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:32 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/468 |
Actions (login required)
View Item |