PENGARUH BEBAN MUATAN DAN KECEPATAN TERHADAP HASIL UJI EMISI KENDARAAN (STUDI KASUS MENGGUNAKAN DAIHATSU GRAN MAX PICK UP 1.5)

AYONDA, RAKAMADYA (2022) PENGARUH BEBAN MUATAN DAN KECEPATAN TERHADAP HASIL UJI EMISI KENDARAAN (STUDI KASUS MENGGUNAKAN DAIHATSU GRAN MAX PICK UP 1.5). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030622-KKW-ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
19030622-KKW-BAB_1.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2)
19030622-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030622-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030622-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030622-KKW-BAB_5.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030622-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy

Abstract

Pengujian emisi yang di lakukan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji emisi dengan memberikan beban muatan dan variasi kecepatan pada kendaraan motor bensin yaitu Daihatsu granmax pick up 1.5 tahun produksi 2014. Penelitian ini dapat di jadikan sebagai pengetahuan dalam mengetahui kondisi emisi kendaraan bermotor wajib uji jika di gunakan untuk beroperasi sehari-hari. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh variable bebas (independent) terhadap variable terikat (dependent). Dalam penelitian ini menggunakan muatan 0 kg, 735 kg, dan 1200 kg pada variasi kecepatan 0 km/jam, 10 km/jam, 20 km/jam, 30 km/jam, dan 40 km/jam. Variable bebas pada penelitian ini yaitu beban muatan dan variasi kecepatan. Sedangkan untuk variable terikat yaitu hasil uji emisi. Hasil dari penelitian emisi gas buang kendaraan sebelum menggunakan muatan mengalami perubahan, namun perubahan tersebut masih dalam ambang batas. Setelah uji coba menggunakan muatan dan variasi kecepatan hasil dari pengujian mengalami perubahan. Kandungan hidrokarbon saat menggunakan muatan melambung tinggi. Kenaikan di sini jika mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2006, maka dengan muatan kendaraan dinyatakan tidak lulus karena untuk ambang batas kendaraan tahun 2014 maksimal kandungan HC adalah 200 ppm. Sedangkan untuk percobaan yang menggunakan muatan berlebih dan variasi kecepatan nampak kenaikan emisi terjadi mulai kecepatan 20 km/jam dan nilai tertinggi yang di hasilkan pada percobaan muatan lebih dan variasi kecepatan di dapatkan hasil CO 3,66% dan HC 522 ppm. Dengan demikian variable muatan dan variasi kecepatan berpengaruh terhadap emisi kendaraan bermotor. Kata kunci : Beban Muatan, Emisi, Kecepatan, Motor Bensin

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Beban Muatan, Emisi, Kecepatan, Motor Bensin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0622 19.03.0622
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:29
Last Modified: 16 Aug 2022 07:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item