ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DAN UPAYA PENINGKATAN K3 DI UP PKB JAGAKARSA

AZZAHRA, KESYA SALWA (2025) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DAN UPAYA PENINGKATAN K3 DI UP PKB JAGAKARSA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22033094-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22033094-KKW-BAB_1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22033094-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22033094-KKW-BAB _3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22033094-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22033094-KKW-BAB_5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22033094-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi aspek penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif, termasuk dalam kegiatan pengujian kendaraan bermotor di UP PKB Jagakarsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya, menilai tingkat risiko kecelakaan kerja, serta merumuskan upaya pengendalian risiko dalam rangka peningkatan penerapan K3. Metode yang digunakan adalah HIRADC (Hazard Identifcation, Risk Assessment, and Determining Control). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pengisian kuesioner kepada penguji, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 kegiatan kerja dengan 18 potensi bahaya yang teridentifikasi selama proses pengujian kendaraan bermotor. Penilaian risiko berdasarkan metode HIRADC menghasilkan 1 kegiatan dengan risiko tinggi, 15 kegiatan berisiko sedang, dan 2 kegiatan berisiko rendah. Pengujian kolong kendaraan termasuk kegiatan dengan tingkat risiko tinggi. Selain itu, diketahui bahwa penggunaan alat pelindung diri (APD) belum maksimal, fasilitas K3 tersedia namun pengawasan masih kurang karena belum adanya PIC K3 yang bertanggung jawab khusus di bidang keselamatan kerja. Upaya pengendalian risiko yang direkomendasikan meliputi penguatan penggunaan APD, penyediaan fasilitas kerja yang sesuai standar, pengangkatan PIC K3, pelatihan K3 bagi seluruh penguji, serta perbaikan sistem pelaporan kecelakaan kerja. Penerapan metode HIRADC terbukti membantu dalam mengenali potensi risiko dan menjadi acuan dalam meningkatkan penerapan K3 di UP PKB Jagakarsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, HIRADC, Pengujian Kendaraan Bermotor, Pengendalian Risiko
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22033094 22033094
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:59
Last Modified: 25 Aug 2025 05:59
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item