RAMADHANI, CHAIRUNISA TENIA PUTRI (2025) ANALISIS PENGARUH PANJANG SELANG TERHADAP HASIL UJI EMISI PADA ALAT GAS ANALYZER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033088_KKW_ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22033088_KKW_BAB 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22033088_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22033088_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22033088_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22033088_KKW_BAB 5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033088_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berdampak pada bertambahnya emisi gas buang yang mencemari udara dan lingkungan. Untuk itu, uji emisi menjadi prosedur wajib dalam memastikan kendaraan memenuhi ambang batas polusi yang ditetapkan pemerintah. Salah satu komponen penting dalam uji emisi menggunakan alat gas analyzer adalah selang penghubung antara knalpot dan alat uji. Namun, hingga saat ini belum ada standar baku mengenai panjang selang yang digunakan, sementara panjang selang berpotensi mempengaruhi akurasi hasil uji emisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi panjang selang terhadap hasil pengukuran kadar gas CO dan HC serta suhu gas buang pada kendaraan bermotor bensin. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan variasi panjang selang 2 m, 4 m, 6 m, 7 m (standar), dan 10 m. Pengambilan data dilakukan menggunakan sensor suhu thermocouple di dua titik, serta alat gas analyzer merk Actia dengan 5 sampel kendaraan. Hasil analisis data menggunakan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa panjang selang tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kadar CO dan HC maupun suhu gas buang. Nilai R-square pada hasil regresi CO, HC dan suhu menunjukkan hasil dengan nilai di bawah 11% dan p-value > 0,05 menunjukkan bahwa angka tersebut tidak signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variasi panjang selang dalam rentang penelitian tidak secara signifikan mempengaruhi hasil uji emisi. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam penentuan panjang selang uji emisi dapat meningkatkan pemahaman teknis dalam pengujian kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | uji emisi, panjang selang, gas analyzer, CO, HC, suhu gas buang. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033088 22033088 |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:16 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:16 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |