MALLOMBASANG, ANDI MUHAMMAD YAHYA (2025) ANALISIS PEMENUHAN TERHADAP PEMERIKSAAN PERSYARATAN TEKNIS SISTEM SUSPENSI UNTUK JENIS AIR SUSPENSION. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033061-KKW-ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22033061-KKW-BAB_1.pdf Download (64kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22033061-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22033061-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22033061-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22033061-KKW-BAB_5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033061-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem suspensi merupakan komponen penting dalam menunjang kenyamanan, kestabilan, dan keselamatan kendaraan bermotor, khususnya pada bus yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Salah satu teknologi suspensi yang banyak diterapkan pada bus modern adalah air suspension, yang mampu menyesuaikan tinggi kendaraan dan meredam getaran dengan lebih optimal. Namun, penerapan pemeriksaan pada sistem ini belum sepenuhnya dilakukan secara mendetail dan mendalam, sehingga sulit untuk mendeteksi berbagai kerusakan komponen yang terjadi serta perlunya dilakukan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi sejauh mana pemeriksaan persyaratan teknis sistem suspensi khususnya air suspension memenuhi prosedur sesuai dengan regulasi yang berlaku. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif kualitatif, dimulai dengan sebuah masalah yang berfokus pada prosedur pemeriksaan persyaratan teknis sistem suspensi khususnya air suspension. Dari situ, dapat diambil generalisasi mengenai hasil penemuan kerusakan yang terjadi pada berbagai komponen air suspension pada bus. Proses penelitian diawali dengan melakukan observasi terhadap pengujian. Kemudian, dilakukan pemeriksaan secara langsung pada kendaraan yang mencangkup analisis kondisi, fungsi, dan kedudukan pada setiap komponen. Melalui langkah ini, diperoleh data tentang kerusakan pada masing-masing komponen air suspension yang kemudian akan dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 54 sampel unit bus dengan sistem suspensi jenis air suspension, ditemukan urutan keruskaan komponen terbanyak. Kerusakan komponen diawali oleh komponen fiter udara yang mengalami 33 kerusakan, diikuti oleh komponen selang udara dengan 31 kerusakan. Kompresor udara menyusul dengan 23 kerusakan, kemudian pengatur ketinggian/adjuster suspension dengan 16 kerusakan, dan terakhir kantong udara/air bellow yang mengalami 13 kerusakan. Sementara itu, dua komponen yang tidak mengalami kerusakan adalah tangki udara dan katup solenoid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemenuhan persyaratan teknis, Air Suspension |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033061 22033061 |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |