WILDAN FIRDAUS, MUHAMMAD (2022) HASIL UJI SIDE SLIP TESTER DAN ASPEK KESELAMATAN BERKENDARA PADA SISTEM KEMUDI MANUAL DAN POWER STEERING KENDARAAN PICK UP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19030563-KKW-ABSTRAK.pdf Download (587kB) |
|
Text (BAB 1)
19030563-KKW-BAB_1.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2)
19030563-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19030563-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19030563-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19030563-KKW-BAB_5.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19030563-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan, oleh karena itu setiap kendaraan harus melakukan pengujian kendaraan bermotor yang bertujuan untuk memenuhi aspek keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Salah satu alur pengujiannya yaitu kincup roda depan. Hasil pengujian kincup roda depan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu sistem kemudi yang berfungsi untuk mengatur atau mengendalikan arah kendaraan sesuai dengan kehendak pengemudi. Metode penelitian yang digunakan yaitu komparatif dengan pendekatan kuantitatif yang berarti penelitian ini mempunyai sifat membandingkan suatu variabel dengan variabel yang lain dalam bentuk angka. Pengolahan data statistik pada penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-Test, Uji Validitas dan Reliabilitas. Penelitian ini juga menggunakan 30 (tiga puluh) sampel kendaraan pada masing-masing sistem kemudi manual dan sistem kemudi power steering. Berdasarkan hasil penelitian pada kendaraan yang menggunakan sistem kemudi manual terdapat 10 kendaraan yang tidak lulus uji side slip tester dan tingkat keselamatan berkendara lebih dominan rendah sebesar 53,3% (16 responden). Sedangkan pada sistem kemudi power steering terdapat 3 kendaraan yang tidak lulus uji side slip tester dan tingkat keselamatan berkendara lebih dominan tinggi sebesar 80% (24 responden). Hasil uji side slip tester ini akan berpengaruh terhadap aspek keselamatan di jalan, jika hasil uji tidak lulus maka kemungkinan terjadinya kecelakaan akan semakin tinggi. Oleh karena itu, perlunya perbaikan dan perawatan secara berkala pada bagian sistem kemudi serta tidak memaksakan mengemudi ketika mengalami kondisi mengantuk dan beristirahatlah ketika tubuh mulai lelah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Uji Side Slip, Sistem Kemudi Manual, Sistem Kemudi Power Steering, Keselamatan Berkendara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 19.03.0563 19.03.0563 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:18 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/399 |
Actions (login required)
View Item |