KUMAURA, LUTHFIA AZIZAH (2025) EVALUASI PENERAPAN PERISAI KOLONG GUNA MENGURANGI TINGKAT FATALITAS AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031051-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031051-KKW-BAB_1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031051-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031051-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031051-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031051-KKW-BAB_5.pdf Download (101kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031051-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu penyebab tingginya fatalitas kecelakaan yang sering terjadi yaitu tidak dilengkapinya perlengkapan keselamatan seperti perisai kolong yang dapat menyebabkan fenomena kecelakaan pada truk dan kendaraan kecil hingga ringsek bahkan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan permasalahan ini, maka dibuatlah aturan mengenai perisai kolong pada kendaraan mobil barang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penerapan perisai kolong, menganalisis tingkat fatalitas kecelakaan baik menggunakan perisai kolong maupun tidak, dan mengetahui persepsi dari pengemudi terkait penerapan perisai kolong untuk mendapatkan rekomendasi guna mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa triangulasi atau gabungan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah sampel dari penelitian ini yaitu 150 kendaraan yang melakukan uji berkala di UPTD PKB Kabupaten Sleman. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat penerapan perisai kolong sudah sangat tinggi yaitu 91,6% dari 150 sampel kendaraan, tingkat kesesuaian ukuran perisai kolong sebesar 87,1% dari 150 sampel kendaraan, dan tingkat kesesuaian bahan dan bentuk perisai kolong sebesar 100% dari 150 kendaraan yang telah memasang perisai kolong samping maupun belakang. Masih rendahnya pengetahuan aturan dan pengawasan penerapan perisai kolong menjadi faktor penyebab tingginya fatalitas kecelakaan yang terjadi di lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perisai Kolong, Fatalitas Kecelakaan, Evaluasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Luthfia Azizah Kumaura |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |