ARDHIANSYAH, HAFIDZ (2025) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI DAN PENGONTROL KADAR GAS KARBON MONOKSIDA (CO) PADA GEDUNG PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031046-KKW-ABSTRAK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031046-KKW-BAB 1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031046-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031046-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031046-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031046-KKW-BAB 5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031046-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) | Request a copy |
Abstract
Pada pengujian kendaraan bermotor yang dilakukan di gedung pengujian, terdapat banyak polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas buang dari kendaraan yang sedang diuji. Upaya untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya yaitu dengan penggunaan alat untuk mengukur kadar gas dalam ruangan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan exhaust fan sebagai pengurai kadar gas yang ada pada gedung pengujian. Pada penelitian ini membahas tentang alat pendeteksi dan pengontrol kadar gas CO secara real time pada gedung Pengujian Kendaraan Bermotor. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Metode ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk berupa alat, pada alat ini menggunakan exhaust fan dan pendeteksian kadar gas yang berbasis ESP 32 dengan website dan LCD yang digunakan untuk melihat hasil kadar gas. Pengumpulan data berupa observasi secara langsung dan dokumentasi. Pada uji coba pengujian alat akan dilakukan di Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Bantul. Pada penilaian validasi alat dilakukan dilakukan oleh validator dengan mengisi lembar validasi. Hasil uji coba penggunaan alat pada Gedung pengujian terdapat perbedaan pada hasil deteksi kadar gas CO dengan rata-rata nilai CO: 1,25 ppm saat exhaust fan berada di pengujian brake tester dan pada saat di pengujian speedometer tester rata rata nilai CO: 1,69 ppm dan saat exhaust fan mati rata rata nilai CO: 2,90 ppm. Sedangkan Gedung pengujian setiap harinya bisa mencapai rata-rata nilai CO: 2,16 ppm dan terdeteksi berbahaya. Untuk hasil proses validasi yang dilakukan oleh validator mendapatkan nilai 93% dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengujian Kendaraan Bermotor, Pendeteksi Kadar Gas, Exhaust Fan, Kadar Gas CO. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031046 22031046 |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |