INOVASI DESAIN EXHAUST FAN SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN VENTILASI DI GEDUNG PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN APLIKASI SOLIDWORKS

AFIFAH, ISTIQOMAH UMMA (2025) INOVASI DESAIN EXHAUST FAN SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN VENTILASI DI GEDUNG PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN APLIKASI SOLIDWORKS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22031015-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22031015-KKW-BAB_1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22031015-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22031015-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22031015-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22031015-KKW-BAB_5.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22031015-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Pengujian emisi kendaraan bermotor berpotensi menyebabkan polusi udara akibat penumpukan gas buang seperti CO dan HC, yang berbahaya bagi kesehatan dan kualitas lingkungan kerja. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sistem ventilasi mekanis yang memenuhi standar kesehatan dan efisiensi energi. Penelitian ini merancang dan mengevaluasi dua desain exhaust fan berukuran 30 inch dan 36 inch untuk mengoptimalkan ventilasi di gedung pengujian kendaraan bermotor. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan pemodelan numerik melalui simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan perangkat lunak SolidWorks Flow Simulation. Analisis performa mencakup distribusi tekanan statis, suhu, turbulensi, kecepatan aliran udara, laju aliran volumetrik, dan konsumsi energi listrik di empat titik pengukuran utama. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain exhaust fan 30 inch menghasilkan debit udara sebesar 0,31 m³/s (657 CFM) dengan konsumsi energi sebesar 31,42 kWh, unggul dalam hal efisiensi energi dan stabilitas aliran. Sementara itu, desain exhaust fan 36 inch dapat menghasilkan debit udara sebesar 2,02 m³/s (4.278 CFM) dengan konsumsi energi sebesar 204,7 kWh, unggul dalam kapasitas dan kecepatan udara di outlet. Distribusi tekanan dan suhu pada kedua desain berada dalam batas aman sesuai dengan standar ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers). Berdasarkan performa aliran udara, desain exhaust fan berdiameter 36 inch lebih direkomendasikan untuk ruang dengan kebutuhan ventilasi tinggi. UPT PKB Kota Yogyakarta disarankan untuk menggunakan 6–8 unit exhaust fan berdiameter 36 inch secara paralel untuk memenuhi standar sirkulasi udara, pengendalian polutan, serta efisiensi operasional melalui distribusi beban antar unit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Kendaraan Bermotor, Emisi Gas Buang, Exhaust Fan, SolidWorks, CFD, Efisiensi Energi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22031015 22031015
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:09
Last Modified: 07 Aug 2025 01:09
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item