FADLAN, AKHMAD DANY (2025) DESAIN ALAT UJI REM JENIS PELAT UNTUK SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031031-KKW-ABSTRAK.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031031-KKW-BAB_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031031-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031031-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031031-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031031-KKW-BAB_5.pdf Download (110kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031031-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat uji rem jenis pelat yang dapat digunakan untuk mengukur gaya pengereman pada sepeda motor. Alat ini dirancang terdiri dari tiga pelat utama: pelat dasar sebagai penopang struktur, pelat tengah sebagai tempat pemasangan bantalan linier, serta pelat atas sebagai media pengujian. Sistem pengujian dilengkapi dengan lima buah sel beban, terdiri dari empat sel beban tipe beam berkapasitas 100 kg untuk mengukur gaya vertikal, dan satu sel beban tipe miniatur S untuk mengukur gaya horizontal akibat pengereman. Perancangan dilakukan menggunakan perangkat lunak SolidWorks, dilanjutkan dengan analisis tegangan statik menggunakan metode elemen hingga (FEM). Material yang digunakan adalah baja karbon dengan kekuatan luluh sebesar 200 MPa. Total gaya vertikal yang dianalisis sebesar 2797,23 N, dibagi merata pada empat titik tumpu vertikal, sedangkan gaya horizontal maksimum akibat gaya gesek mencapai 1678,34 N. Hasil simulasi menunjukkan bahwa semua pelat dan komponen berada dalam batas aman terhadap tegangan maksimum yang terjadi. Hasil akhir penilitian ini adalah rancangan alat uji rem jenis pelat yang memenuhi kriteria kekuatan struktur dan fungsionalitas pengukuran gaya, serta siap untuk direalisasikan dan diuji secara eksperimental.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Uji Rem, Pelat Uji, Sel Beban, Gaya Pengereman, Baja Karbon, FEM, Sepeda Motor, SolidWorks |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031031 22031031 |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |