ZULFIKAR, CHANDRA MAULANA (2025) ANALISIS PERBANDINGAN INTENSITAS CAHAYA DAN VISIBILITAS PENGGUNAAN LAMPU UTAMA JENIS HALOGEN DAN HID PADA KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031040_KKW_ABSTRAK.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031040_KKW_BAB-1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031040_KKW_BAB-2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031040_KKW_BAB-3.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031040_KKW_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031040_KKW_BAB-5.pdf Download (127kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031040_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
Abstract
Setiap Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU) yang akan dioperasikan di jalan wajib melakukan serangkaian pemeriksaan pada pengujian berkala. Pengujian berkala pada Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU) terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu pemeriksaan teknis dan pemeriksaan persyaratan laik jalan. Pada pemeriksaan persyaratan laik jalan aspek yang harus dipenuhi salah satunya yaitu daya pancar lampu utama kendaraan. Agar lampu utama dapat berfungsi dengan baik maka setiap lampu utama pada kendaraan harus diuji intensitas daya pancar lampu utamanya menggunakan alat uji Headlight Tester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas rata-rata lampu utama dan perbandingan hasil uji intensitas dari masing-masing jenis lampu kepada ambang batas yang berlaku sesuai regulasi nasional dan mengetahui pendapat pengemudi terkait penggunaan jenis lampu hid dan halogen terhadap visibilitas saat berkendara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kemudian dilakukan pengolahan data gabungan menggunakan kuantitatif dan statistik deskriptif yang digunakan untuk merangkum dan menganalisis kumpulan data tertentu yang mewakili keseluruhan atau populasi sampel baik untuk mengolah data perbandingan hasil uji lampu utama dan mengolah data visibilitas. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Probability sampling dengan kriteria sampel mobil barang dengan kekuatan accu kendaraan 12 (dua belas) volt. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada setiap pelaksanaan pengujian jenis lampu utama, terdapat perbandingan intensitas cahaya yang dipancar kedua jenis lampu hid dan halogen, dan lampu hid memiliki sisi visibilitas yang lebih baik dalam intensitas cahaya yang dipancarkan serta usia penggunaan yang lebih lama, namun disisi lain pada kondisi cuaca berkabut lebih efektif menggunakan lampu jenis halogen. Kata Kunci : Intensitas, Lampu Halogen, Lampu HID, Headlight Tester
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas, Lampu Halogen, Lampu HID, Headlight Tester |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031040 22031040 |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:02 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:02 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |