RANCANG BANGUN EXHAUST FAN DENGAN SISTEM DETEKSI HIDROKARBON (HC) DI DALAM PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR

FEBRIAN, ANGGI FATHUL (2025) RANCANG BANGUN EXHAUST FAN DENGAN SISTEM DETEKSI HIDROKARBON (HC) DI DALAM PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22033063-KKW-ABSTRAK .pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
22033063-KKW-BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
22033063-KKW-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
22033063-KKW-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
22033063-KKW-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
22033063-KKW-BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22033063-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor turut menyebabkan peningkatan emisi gas buang, salah satunya senyawa hidrokarbon (HC) yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Di gedung pengujian kendaraan bermotor, paparan jangka panjang terhadap emisi ini dapat menimbulkan gangguan pernapasan hingga risiko fatalitas. Namun, sebagian besar sistem ventilasi yang digunakan masih bersifat manual dan belum mampu menyesuaikan operasional berdasarkan kadar gas HC secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat exhaust fan dengan sistem deteksi hidrokarbon berbasis mikrokontroler ESP32 dan sensor MQ 4. Sistem ini dilengkapi dengan fitur pengukuran otomatis kadar HC dan pengendalian exhaust fan secara dinamis, serta pemantauan kadar gas melalui aplikasi berbasis smartphone menggunakan koneksi MQTT.Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan observasi, dokumentasi, dan uji coba alat secara langsung di Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat mampu mendeteksi kadar HC secara akurat dan mengaktifkan exhaust fan berdasarkan ambang batas yang ditentukan (50 ppm dan 70 ppm). Validasi sistem melalui kuesioner pengguna menyatakan bahwa alat berada pada kategori “Sangat Layak” digunakan.Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dalam upaya pengendalian emisi gas buang di ruang tertutup, meningkatkan kualitas udara, dan menjaga kesehatan serta keselamatan kerja para petugas penguji kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hidrokarbon (HC), exhaust fan, sensor MQ-4, ESP32, pengujian kendaraan bermotor, sistem otomatis, kualitas udara.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22033063 22033063
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:02
Last Modified: 07 Aug 2025 01:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item