SAPUTRA, FERI (2025) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PUZZLE RAMBU LALU LINTAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013102_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013102_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013102_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013102_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013102_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013102_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (121kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013102_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan keselamatan lalu lintas sejak dini menjadi aspek penting untuk menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab anak terhadap keselamatan di jalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis game edukasi berbentuk puzzle yang memuat materi rambu lalu lintas untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game dirancang menggunakan Unity Hub dalam format 2D dan diuji coba pada siswa kelas VI di SD Negeri 01 Purwoyoso dan SD Pancasila, Kota Semarang. Evaluasi dilakukan melalui validasi ahli dan uji efektivitas pembelajaran menggunakan pretest dan posttest serta kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa nilai N-Gain di SD Negeri 01 Purwoyoso adalah 0,67% dan di SD Pancasila sebesar 0,83%, keduanya termasuk dalam kategori sedang. Sementara itu, hasil kuesioner SUS menunjukkan skor 70,5% untuk SD Negeri 01 Purwoyoso dan 71% untuk SD Pancasila, yang tergolong dalam kategori dapat diterima (acceptable). Dengan demikian, media game yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, serta menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dan game edukasi terbukti efektif terutama ketika dikombinasikan dengan intervensi dari pihak eksternal untuk mendukung pendidikan keselamatan berlalu lintas. Kata Kunci : Game Edukasi, Puzzle, Rambu Lalu Lintas, Sekolah Dasar, ADDIE, N-Gain, SUS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Puzzle, Rambu Lalu Lintas, Sekolah Dasar, ADDIE, N-Gain, SUS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013102 21013102 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 13:07 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 13:07 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |