FITRI, LAILATUL (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN TOL SEMARANG - SOLO KM 459 - KM 483. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELATAMAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013105-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013105-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013105-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013105-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013105-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013105-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (187kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013105-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan tol, khususnya pada Ruas Jalan Tol Semarang–Solo KM 459–KM 483, menjadi perhatian serius dalam upaya meningkatkan keselamatan jalan. Berdasarkan data kecelakaan tahun 2023 dan 2024, terdapat peningkatan jumlah kecelakaan dari 18 menjadi 23 kejadian, dengan dominasi jenis kecelakaan tabrak belakang dan kecelakaan tunggal akibat pecah ban serta kehilangan kendali saat jalan menikung atau gelap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor utama penyebab kecelakaan, menganalisis tingkat risiko keselamatan jalan berdasarkan kondisi geometrik dan perlengkapan jalan, serta memberikan rekomendasi peningkatan keselamatan. Metode yang digunakan meliputi analisis data kecelakaan selama lima tahun terakhir (2020– 2024), survei lapangan terhadap kondisi geometrik jalan, serta inspeksi keselamatan jalan menggunakan formulir daftar periksa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecelakaan paling banyak disebabkan oleh faktor manusia, seperti kelelahan dan kecepatan berlebih, serta faktor lingkungan jalan, seperti penerangan yang tidak memadai dan geometri tikungan tajam. Ditemukan pula beberapa defisiensi keselamatan seperti marka dan rambu yang tidak optimal, permukaan jalan tidak rata, serta kurangnya fasilitas perlengkapan keselamatan jalan seperti guardrail dan delineator. Rekomendasi yang dihasilkan antara lain adalah peningkatan pencahayaan jalan di area rawan, penambahan rambu peringatan di tikungan tajam, pemeliharaan marka jalan secara berkala, dan edukasi pengemudi untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas. Melalui pendekatan inspeksi keselamatan jalan yang sistematis, penelitian ini diharapkan menjadi dasar perbaikan manajemen keselamatan pada ruas jalan tol tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan jalan, kecelakaan lalu lintas, jalan tol, inspeksi keselamatan, geometrik jalan, rambu dan marka, KM 459–KM 483 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013105 21013105 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |