ANALISIS SIMPANG EMPAT TIDAK BERSINYAL BATIK QONITA KOTA PEKALONGAN

IRIANTI, FAIZAH (2025) ANALISIS SIMPANG EMPAT TIDAK BERSINYAL BATIK QONITA KOTA PEKALONGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013072-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
21013072-SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
21013072-SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
21013072-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
21013072-SKRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
21013072-SKRIPSI-BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013072-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Empat Tidak Bersinyal Batik Qonita Kota Pekalongan merupakan salah satu titik rawan kemacetan akibat tingginya volume kendaraan, belum tersedianya sinyal lalu lintas, serta terbatasnya ruang jalan yang menyebabkan konflik lalu lintas meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja simpang tidak bersinyal menggunakan pendekatan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan mikro simulasi dengan perangkat lunak PTV. VISSIM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi eksisting simpang, melakukan simulasi rekayasa lalu lintas, serta memberikan rekomendasi penanganan yang dapat meningkatkan efisiensi dan keselamatan lalu lintas di simpang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi eksisting berada pada tingkat pelayanan yang kurang baik dengan nilai tundaan tinggi dan derajat kejenuhan melebihi ambang batas. Skenario terbaik diperoleh dari kombinasi penambahan lajur dan pengaturan sinyal dua fase menggunakan teori early cut off dan late release, yang secara signifikan menurunkan tundaan rata – rata dan meningkatkan tingkat pelayanan menjadi lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pengaturan sinyal lalu lintas dua fase serta penambahan lajur sebagai solusi optimal untuk meningkatkan kinerja simpang secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, PKJI 2023, PTV VISSIM, Tingkat Pelayanan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013072 21013072
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:17
Last Modified: 06 Aug 2025 02:17
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item