HASYIM, MUHAMMAD FARRAS SULTHAN (2025) PENGARUH DIESEL PARTIKULAT FILTER JENIS HONEYCOMB BERBAHAN GALVALUM TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN TEMPERATUR MESIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031053-KKW-ABSTRAK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031053-KKW-BAB_1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031053-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031053-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031053-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
|
Text (BAB 5)
22031053-KKW-BAB_5.pdf Download (59kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031053-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
Abstract
Peningkatan penggunaan kendaraan bermesin diesel berdampak langsung terhadap peningkatan emisi gas buang, khususnya partikulat (PM) yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasangan Diesel Particulate Filter (DPF) jenis honeycomb berbahan galvalum terhadap emisi gas buang dan temperatur mesin pada kendaraan Mitsubishi L300. DPF dirancang menggunakan material galvalum dengan konfigurasi honeycomb persegi dan tambahan glasswool sebanyak 50, 100, 150 gram. Pengujian dilakukan secara eksperimen dengan membandingkan kondisi tanpa DPF dan setelah pemasangan DPF, meliputi pengujian kadar opasitas, temperatur oli mesin, temperatur air radiator, dan temperatur exhaust manifold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPF mampu mereduksi opasitas gas buang terbesar pada penambahan filter 150 gram dengan penurunan sebesar 28,28%. Di sisi lain, pemasangan DPF juga dapat menurunkan temperatur mesin, dengan rata-rata penurunan temperatur oli tertinggi sebesar 6,36°C terjadi pada RPM 2000. Penurunan temperatur air radiator tertinggi sebesar 7,27°C terjadi pada RPM 2000. Penurunan temperatur exhaust manifold tertinggi sebesar 16,18°C terjadi pada RPM 2000. Dari hasil tersebut temperatur mesin masih berada dalam batas kerja mesin yang aman. Kesimpulannya, penggunaan DPF jenis honeycomb berbahan galvalum efektif dalam menurunkan emisi partikulat tanpa menyebabkan overheating.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diesel Particulate Filter, Emisi Gas Buang, Temperatur Mesin, Honeycomb, Galvalum |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031053 22031053 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |