KURNIAWAN, ALFIYAN DWI (2025) KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH VARIASI KECEPATAN DAN BEBAN MUATAN TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN (STUDI KASUS KENDARAAN ISUZU PICKUP PANTHER TBR 54). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031033-KKW-ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031033-BAB_1.pdf Download (151kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031033-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031033-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031033-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031033-BAB_5.pdf Download (134kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031033-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berdampak pada emisi gas buang yang dihasilkan. Kendaraan angkutan barang berbahan bermesin diesel menjadi paling banyak yang menghasilkan emisi gas buang. Emisi ini berdampak pada polusi udara dan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan serta kerusakan lingkungan. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi besarnya emisi adalah kondisi operasional kendaraan, seperti variasi kecepatan dan beban muatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif kuantitatif mengenai pengaruh variasi kecepatan 20, 30, 40, dan 50 km/jam dan beban muatan 0 kg, 587 kg, dan 700 kg terhadap tingkat emisi gas buang CO, HC, CO₂, O₂ serta opasitas. Kendaraan yang digunakan pada penelitian ini yaitu isuzu pickup panther TBR 54. Pengujian dilakukan secara eksperimental di Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Trenggalek menggunakan alat smoke tester dan gas analyzer untuk uji emisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan dan beban muatan mempengaruhi kadar CO, HC, CO₂ dan opasitas gas buang. Pada kecepatan 50 km/jam dengan beban 700 kg, emisi CO mencapai 0,493%, HC sebesar 51 ppm, CO₂ 2,52%, dan opasitas 48,72%. Sementara pada kondisi tanpa beban dan kecepatan 20 km/jam, emisi CO hanya 0,03%, HC sebesar 18,8 ppm, CO₂ 1,42% dan opasitas 16,26%. Dengan temuan ini perlunya memastikan pengendalian kecepatan dan beban muatan penting untuk dilakukan, guna mengurangi emisi gas buang kendaraan, sekaligus menjaga kualitas udara dan kelestarian lingkungan. Kata kunci: emisi gas buang, kecepatan, beban muatan, isuzu panther TBR 54, smoke tester, gas analyzer.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emisi gas buang, kecepatan, beban muatan, isuzu panther TBR 54, smoke tester, gas analyzer. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031033 22031033 |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:49 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:49 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |