DAGNA, YASMINE ELYSIA (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN DAYA ANGKUT KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANPOSRTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031028_KKW_ABSTRAK.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031028_KKW_BAB 1.pdf Download (72kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031028_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031028_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031028_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031028_KKW_BAB 5.pdf Download (68kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031028_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan overloading dan over dimension pada kendaraan bermotor merupakan tantangan signifikan dalam menjaga keselamatan lalu lintas serta kelestarian infrastruktur jalan. Penghitungan daya angkut kendaraan secara manual dinilai tidak efisien dan rawan kesalahan input data. Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi berbasis Android untuk menghitung daya angkut kendaraan secara otomatis berdasarkan konfigurasi sumbu, dimensi kendaraan, dan kekuatan ban sesuai regulasi teknis yang berlaku. Penelitian dilakukan di UPUBKB Kota Semarang dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi dikembangkan menggunakan Android Studio dengan dukungan database, API, JavaScript, dan XML, serta dilengkapi fitur seperti input data kendaraan, perhitungan daya angkut, dan penyimpanan dokumen digital berupa SRUT dan STNK. Validasi dilakukan melalui pengujian Black Box, uji keakuratan, dan uji kelayakan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi, dengan tingkat kesalahan di bawah ambang toleransi 10%, serta skor SUS sebesar 81,00 yang dikategorikan sangat baik. Efisiensi waktu juga terlihat jelas, dengan pemangkasan proses perhitungan dari 8 menit secara manual menjadi 3 menit menggunakan aplikasi. Kesimpulannya, perhitungan berbasis aplikasi terbukti lebih efisien dengan dukungan jaringan internet dan perangkat dibandingkan metode manual, serta dapat mendukung petugas penguji dalam pelaksanaan penilaian daya angkut kendaraan. Inovasi ini berkontribusi pada transformasi digital layanan uji kendaraan bermotor melalui proses perhitungan daya angkut yang lebih cepat, akurat, dan efisien. Kata kunci: Daya angkut, kendaraan bermotor, Reserch & Development, ADDIE, SRUT, STNK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya angkut, kendaraan bermotor, Reserch & Development, ADDIE, SRUT, STNK |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031028 22031028 |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 00:15 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 00:15 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |