ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN TOL CIKOPO-PALIMANAN (STUDI KASUS : KM 112-117 RUAS JALAN TOL CIKOPO PALIMANAN)

AMIR, AMELIA RAHMA PUTRI (2025) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN TOL CIKOPO-PALIMANAN (STUDI KASUS : KM 112-117 RUAS JALAN TOL CIKOPO PALIMANAN). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21013062-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text (BAB 1)
21013062-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 2)
21013062-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013062-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013062-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21013062-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21013062-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di jalan tol menjadi salah satu masalah serius yang mempengaruhi keselamatan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, khususnya pada segmen KM 112-117. Dalam satu tahun terakhir data terjadinya kecelakaan sebanyak 700 kejadian dengan 58% kejadian kecelakaan disebabkan oleh human error dan 72% kejadian melibatkan kendaraan golongan 1. Banyaknya lokasi kecelakaan (Blackspot) di Jalan Tol Cikopo-Palimanan akan berakibat menurunnya kinerja ruas jalan tersebut sehingga mengurangi kenyamanan bahkan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Metode analisa data menggunakan analisis accident rate, penggambaran Blackspot menggunakan Diagram Collision, dan menganalisis faktor-faktor kejadian kecelakaan dengan analisis One Way- ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa accident rate KM 112-117 ruas B tertinggi terjadi pada bulan April di hari Minggu pada jam 18.01-00.00 yang disebabkan oleh mengantuk. Golongan 1 menjadi jenis kendaraan paling banyak terlibat kecelakaan. Faktor yang berpengaruh pada kejadian kecelakaan berdasarkan uji ANOVA di lokasi ini yaitu bulan terjadinya kecelakaan, jam terjadinya kecelakaan, jenis kendaraan dan faktor yang berpengaruh terhadap kecelakaan. Menurut Kejadian terbanyak, KM 112+200 - KM 112+300 menjadi blackspot dengan kejadian kecelakaan sebanyak 21 kejadian. Hasil dari penelitian ini terbukti dapat meningkatkan pengawasan dan Patroli Lalu Lintas di jalan tol, meningkatkan teknologi dan sistem monitoring Lintas Marga Sedaya Astra Tol Cipali serta melakukan penyuluhan dan edukasi kepada pengemudi di Jalan Tol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, jalan tol, accident rate, Blackspot, Diagram Collision.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013062 21013062
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:33
Last Modified: 30 Jul 2025 01:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item View Item