AL FALAH, AFRIAN TRI (2025) ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PERLENGKAPAN JALAN PADA RUAS JALAN PANDAAN-TRETES. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
21011031-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21011031-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21011031-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
21011031-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
21011031-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
21011031-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011031-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Pandaan–Tretes yang terletak di Kabupaten Pasuruan merupakan jalan provinsi yang menjadi jalan utama menuju kawasan pariwisata Prigen dan jalan alternatif menuju kawasan pariwisata Pacet Kabupaten Mojokerto. Jalan Pandaan–Tretes menduduki peringkat ke-3 sebagai daerah rawan kecelakaan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir yaitu tahun 2020-2024. Sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan Jalan Pandaan-Tretes perlu dilakukan Audit Keselamatan Jalan untuk mengidentifikasi bahaya yang selanjutnya akan dinilai dan dikategorikan risikonya serta membuat usulan penangannya. Metode yang digunakan untuk pengukuran risiko dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Mulyono dkk dan metode AS/NZS 4360. Metode yang dikemukakan oleh Mulyono dkk pengkategorian risiko berdasarkan nilai peluang defisiensi keselamatan infrastruktur jalan terhadap potensi kecelakaan dan nilai dampak keparahan korban kecelakaan berdasarkan tingkat fatalitas, sedangkan metode AS/NZS 4360 pengkategorian risiko berdasarkan nilai tingkat keparahan yang diperkirakan dapat terjadi dan nilai kemungkinan terjadinya suatu risiko. Hasil pengkategorian risiko di Jalan Pandaan-Tretes menggunakan metode Mulyono dkk didapatkan kategori risiko cukup berbahaya untuk semua segmen dan pengkategorian risiko menggunakan metode AS/NZS 4360 didapatkan tingkat risiko Medium pada segmen 6, tingkat risiko High pada segmen 1 sampai segmen 4, dan tingkat risiko Extreme pada segmen 5 serta segmen 7 sampai segmen 10. Dari hasil pengkategorian risiko tersebut dibuatlah usulan penanganan fasilitas perlengkapan jalan untuk semua segmen Jalan Pandaan-Tretes dalam sebuah sketsa sebelum dan sesudah adanya penanganan sesuai standar teknisnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audit Keselamatan Jalan, Kategori Risiko, Perlengkapan Jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011031 21011031 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:30 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |