ANALISIS KONDISI JALAN PADA RUAS JALAN YANG TERDAMPAK AIR ROB

HASAN, MUHAMMAD ANAND ABU (2025) ANALISIS KONDISI JALAN PADA RUAS JALAN YANG TERDAMPAK AIR ROB. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21013076-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
21013076-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2)
21013076-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013076-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013076-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21013076-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21013076-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan utama dalam sistem transportasi darat di Indonesia karena dapat mengganggu kelancaran lalu lintas dan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Salah satu faktor utama penyebab kerusakan jalan adalah adanya genangan air rob yang terjadi secara berkala, terutama di wilayah pesisir seperti Jalan Raya Kaligawe, Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi jalan yang terdampak genangan air rob dengan menggunakan metode Surface Distress Index (SDI) yang berbasis pengamatan visual langsung di lapangan. Metode SDI menggunakan empat parameter utama dalam penilaiannya, yaitu: luas dan lebar retak, jumlah lubang, serta kedalaman bekas roda. Penelitian dilakukan dengan survei lapangan pada ruas jalan yang terdampak dan tidak terdampak air rob, dengan pembagian segmen berdasarkan kilometer. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen jalan yang terkena air rob (STA 0+3600–0+4700) mengalami kerusakan berat dengan nilai SDI rata-rata sebesar 157, sedangkan segmen jalan yang tidak terdampak memiliki nilai rata-rata 30,1 yang masuk dalam kategori baik. Artinya, tingkat kerusakan jalan akibat air rob meningkat sebesar 4,2 kali lipat dibandingkan dengan jalan yang tidak tergenang. Selain itu, analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keberadaan air rob terhadap peningkatan kerusakan jalan. Temuan ini menunjukkan bahwa genangan air rob memiliki dampak yang besar terhadap penurunan kualitas dan umur perkerasan jalan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam perencanaan penanganan, pemeliharaan, serta rehabilitasi infrastruktur jalan pada kawasan yang rentan terhadap banjir rob.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan jalan, Air rob, Surface Distress Index (SDI), Jalan Kaligawe, Regresi linier sederhana
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013076 21013076
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:29
Last Modified: 29 Jul 2025 01:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item