PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) dan SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) di KABUPATEN WONOGIRI

HUTASOIT, RUTJKA BENELA (2025) PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) dan SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) di KABUPATEN WONOGIRI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21011027_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
21011027_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 2)
21011027_SKRIPSI_BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
21011027_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011027_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21011027_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21011027_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji kondisi perkerasan jalan di Kabupaten Wonogiri, di mana lalu lintas kendaraan berat yang bervariasi dan umur perkerasan memengaruhi kondisi perkerasan. Dengan menggunakan metode PCI dan SDI, kami menilai 5 ruas jalan provinsi dan 5 ruas jalan kabupaten. Metode PCI mengevaluasi kerusakan berdasarkan jenis, tingkat keparahan, dan luas kerusakan, sementara metode SDI berfokus pada luas retakan, lebar retakan, jumlah lubang, dan kedalaman alur. Selain itu, dilakukan analisis hubungan antara kualitas perkerasan, lalu lintas kendaraan berat, dan umur jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum kondisi jalan berdasarkan metode PCI, memperoleh nilai dalam rentang 21 – 81,5 yang mengindikasikan kondisi very poor hingga very good, sedangkan metode SDI memperoleh nilai dalam rentang 10 – 100 yang mengindikasikan kondisi baik hingga rusak ringan. Hal ini mengindikasikan bahwa seiring bertambahnya jumlah kendaraan berat dan usia perkerasan, kualitas kondisi jalan semakin menurun. Analisis korelasi menunjukan arah hubungan berbanding terbalik untuk penilaian PCI dan arah hubungan berbanding lurus untuk penilaian SDI. Temuan ini dapat dijadikan masukan dalam memberikan penanganan yang tepat, serta kebijakan pengendalian kendaraan berat untuk menjaga kualitas jalan di Kab. Wonogiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kondisi Jalan, PCI, SDI, Pemeliharaan Jalan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011027 21011027
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:26
Last Modified: 28 Jul 2025 01:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3807

Actions (login required)

View Item View Item