PANGESTU, KADEK MEGA SATRIA WIRANG (2025) RANCANG BANGUN ALAT MONITORING TEKANAN ANGIN BAN PADA KENDARAAN BERMOTOR ANGKUTAN BARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
22031016-KKW-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
22031016-KKW-BAB_1.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
22031016-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
22031016-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
22031016-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
22031016-KKW-BAB_5.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031016-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor memiliki peran penting dalam sektor ekonomi, khususnya angkutan barang sebagai distribusi logistik. Komponen utama yang berpengaruh terhadap keselamatan kendaraan bermotor adalah ban. Ban jika memiliki tekanan angin yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan keausan yang tidak merata, pecah ban, hingga kecelakaan lalu lintas. Pengemudi kendaraan khususnya angkutan barang sulit untuk mengetahui keadaaan tekanan angin pada ban ketika sedang berkendara, sehingga diperlukan sistem monitoring tekanan angin ban secara real-time yang dapat memudahkan pengawasan kondisi ban saat kendaraan beroperasi. Penelitian ini merancang dan membangun alat monitoring tekanan angin ban pada kendaraan bermotor angkutan barang. Alat ini dirancang agar dapat memberikan hasil tekanan angin ban secara realtime pada LCD OLED ketika kendaraan bergerak. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Designn, Develop, Implement, Evaluate). Kalibrasi alat dengan tyre pressure gauge atau alat analog pengukur tekanan angin ban menghasilkan rata-rata keakuratan sebesar 99,7% dan evaluasi menggunakan metode SUS oleh 20 supir kendaraan barang JBB <3.500 kg menghasilkan rata-rata nilai 87 masuk dalam kategori A (sangat baik) yang berarti alat layak digunakan. Percobaan dilakukan pada kendaraan Daihatsu Grandmax secara roadtest selama 30 menit di jalan aspal dan beton dengan variasi beban muatan 0 kg, 855 kg, 1195 kg. Hasil percobaan menunjukan selisih percobaan dikeempat ban antara 0,2 sampai 0,45 dengan selisih tertinggi di ban depan kanan (0,45 Psi) dan terkecil di ban depan kiri (0,2 Psi) sehingga alat menunjukan bahwa dapat melakukan monitoring tekanaan angin ban secara realtime.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: tekanan angin ban, monitoring real-time, ESP32, Wemos D1 Mini, MPX5700AP, kendaraan angkutan barang. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031016 22031016 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:26 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |