SIMULASI AERODINAMIKA PADA MOBIL BARANG BAK MUATAN TERTUTUP DENGAN VARIASI KETINGGIAN GROUND CLEARANCE

OKTASARI, NIKEN ANDIKA (2025) SIMULASI AERODINAMIKA PADA MOBIL BARANG BAK MUATAN TERTUTUP DENGAN VARIASI KETINGGIAN GROUND CLEARANCE. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22031056-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22031056-KKW-BAB_1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22031056-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22031056-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22031056-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22031056-KKW-BAB_5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22031056-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi ketinggian ground clearance terhadap performa aerodinamika pada mobil barang bak muatan tertutup. Variabel yang dikaji meliputi aliran udara (streamline), koefisien drag, dan koefisien lift. Simulasi dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) melalui perangkat lunak ANSYS Fluent 2024 R2. Tiga model geometri kendaraan diuji dengan variasi ground clearance 180 mm, 200 mm, dan 220 mm serta kecepatan aliran 60 km/jam, 80 km/jam dan 100 km/jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi ground clearance, nilai koefisien drag meningkat, yang berarti hambatan aerodinamika juga meningkat. Sebaliknya, ground clearance yang lebih rendah menghasilkan nilai koefisien lift yang lebih negatif (downforce), yang berkontribusi terhadap kestabilan kendaraan. Analisis statistik menggunakan uji one way Anova menunjukkan bahwa variasi ground clearance memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai koefisien drag (sig. 0.000 < 0.05 ) dan koefisien lift (sig. 0,000 < 0,05). Penelitian ini memberikan kontribusi dalam optimasi desain mobil barang yang lebih efisien secara aerodinamika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CFD, ground clearance, koefisien drag, koefisien lift
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22031056 22031056
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:11
Last Modified: 25 Jul 2025 03:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item