PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP HASIL PENGUJIAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN MITSUBISHI L300

FALAH, IGA NAZILATUL (2022) PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP HASIL PENGUJIAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN MITSUBISHI L300. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.03.0588_kkw abstrak.pdf

Download (662kB)
[img] Text (BAB 1)
19.03.0588_kkw bab 1.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 2)
19.03.0588_kkw bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.03.0588_kkw bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.03.0588_kkw bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.03.0588_kkw bab 5.pdf

Download (368kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.03.0588_kkw lampiran_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan merupakan sarana angkut yang dapat menghasilkan produk berupa emisi gas buang kendaraan. United Nation Environment Programme (UNEP) merilis 70 persen kasus kematian di asia pasifik terjadi akibat kualitas udara yang buruk termasuk 6,5 juta orang yang meninggal di Indonesia. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai net-zero emission (NZE) pada tahun 2030. Menanggapi kasus tersebut membuat sebagian orang memikirkan alternatif terbaik dengan melakukan penambahan zat aditif pada bahan bakar. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penambahan zat aditif pada bahan bakar solar terhadap hasil pengujian emisi gas buang kendaraan Mitsubishi L300. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil pengujian emisi gas buang pada kendaraan Mitsubishi L300 sebelum ditambahkan zat aditif dan hasil pengujian emisi gas buang kendaraan Mitsubishi L300 setelah ditambahkan zat aditif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa metode eksperimen. Metode pengambilan data berdasarkan variabel penambahan zat sebesar 0% (solar murni), campuran zat aditif 0,5%, campuran zat aditif 1 %, campuran zat aditif 2%, dan campuran zat aditif 3%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan zat aditif dapat berpengaruh terhadap hasil uji emisi pada kendaraan Mitsubishi L300. Penurunan hasil pengujian emisi gas buang paling signifikan terjadi pada campuran zat aditif 3% dengan rata-rata sebesar 25,47% dibandingkan dengan hasil pengujian emisi gas buang pada solar murni (0%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zat Aditif, Emisi Gas Buang kendaraan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0588 19.03.0588
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:50
Last Modified: 15 Aug 2022 06:50
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item