IRAWAN, SANDI BAGAS (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN AKDP TRAYEK SOLO – SEMARANG MENGUNAKAN METODE CSI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013113-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013113-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013113-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013113-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013113-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013113_SKRIPSI BAB_5.pdf Download (180kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013113-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) trayek Solo-Semarang menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Terminal Tirtonadi sebagai lokasi penelitian dipilih karena menjadi pusat transportasi utama yang menghubungkan kedua kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 100 responden yang dipilih menggunakan teknik Slovin. Data dianalisis dengan metode CSI untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang berdasarkan indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) No. 29 Tahun 2015, meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan. Hasil penelitian menunjukkan nilai CSI sebesar 76,24%, yang mengindikasikan bahwa penumpang berada dalam kategori "Puas" terhadap pelayanan AKDP trayek Solo-Semarang. Aspek keamanan dan keselamatan memperoleh skor tertinggi (masing-masing 4,19 dan 4,12), sedangkan keteraturan ,Kenyamanan dan keterjangkauan mencatat skor terendah (2,80 , 3,21 dan 3,34). Rekomendasi perbaikan difokuskan pada peningkatan keteraturan jadwal, Kebersihan ruang tunggu, Fasilitas perbaikan Ac, kenyamanan fasilitas bus, dan keterjangkauan tarif, termasuk implementasi sistem penjadwalan berbasis teknologi, revitalisasi armada, serta evaluasi struktur tarif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengelola terminal dan operator bus dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, AKDP, Customer Satisfaction Index (CSI), Terminal Tirtonadi, Solo-Semarang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, AKDP, Customer Satisfaction Index (CSI), Terminal Tirtonadi, Solo-Semarang. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013113 21013113 |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:42 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |