TABARANI, ALVON BINAZIER (2025) PROTOTIPE PENDETEKSI PENGGUNAAN SAFETYBELT PADA MOBIL PENUMPANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031034_KKW-ABSTRAK.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031034_KKW-BAB 1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031034_KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031034_KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031034_KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031034_KKW-BAB 5.pdf Download (123kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031034_KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keselamatan berkendara merupakan aspek krusial, khususnya pada kendaraan umum seperti bus. Penggunaan sabuk pengaman (safetybelt) terbukti mampu mengurangi risiko fatalitas saat kecelakaan, namun tingkat kepatuhan penumpang masih rendah. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan penelitian berjudul "Prototipe Pendeteksi Penggunaan Safetybelt pada Mobil Penumpang" yang bertujuan merancang alat pendeteksi otomatis penggunaan safetybelt. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang mencakup tahapan identifikasi masalah, perancangan alat, validasi, perbaikan, uji coba, dan produksi terbatas. Sistem dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560, swicth saklar untuk mendeteksi keberadaan penumpang dan untuk memantau pemakaian sabuk, dilengkapi LED, LCD HMI, dan DFPlayer untuk peringatan suara. Validasi dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali menggunakan uji korelasi Pearson untuk menilai kesesuaian desain sistem dan desain elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe mampu mengenali empat kondisi secara akurat: kursi kosong tanpa sabuk, kursi terisi tanpa sabuk, kursi terisi dengan sabuk, dan sabuk terpasang tanpa penumpang. Sistem memberikan peringatan suara dan visual saat terjadi pelanggaran. Nilai korelasi sebesar 0,757 dengan signifikansi <0,05 menunjukkan hubungan kuat dan validitas sistem yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa alat ini layak digunakan sebagai solusi pendukung keselamatan penumpang di kendaraan umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Safetybelt, Arduino Mega 2560, switch saklar, sistem peringatan otomatis, validasi desain, keselamatan penumpang. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031034 22031034 |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |