HADAYA, FALIH (2022) ANALISIS WAKTU PELAYANAN PELAKSANAAN PENGUJIAN LAIK JALAN BERDASARKAN PM 19 TAHUN 2021 (STUDI KASUS DI UPTD PKB BALARAJA KAB. TANGERANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19030611-KKW-ABSTRAK.pdf Download (763kB) |
|
Text (BAB 1)
19030611-KKW-BAB_1.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 2)
19030611-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19030611-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19030611-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19030611-KKW-BAB_5.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19030611-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang sering muncul pada kegiatan pengujian laik jalan kendaraan bermotor adalah belum ada ketentuan secara rinci dan terpusat yang mengatur mengenai Standar Waktu yang sistematis dan terstruktur terhadap kegiatan pengujian laik jalan khususnya di UPTD PKB Balaraja. Faktor yang saat sekarang ini menjadi permasalahan adalah informasi yang belum jelas tentang berapa lama untuk suatu kendaraan melakukan pengujian sehingga membuat lamanya waktu pelayanan pengujian laik jalan. Tujuan dalam penelitian ini : 1) Mengetahui apakah UPTD PKB Kab. Tangerang telah menerapkan proses pengujian laik jalan yang tertera di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2021. 2) Mengetahui lama waktu eksisting untuk satu kendaraan melakukan pengujian laik jalan. 3) Menentukan standar waktu pada setiap alat dan untuk satu kendaraan melakukan pemeriksaan uji laik jalan. 4) Menentukan urutan tata letak layout komponen alat uji laik jalan yang efisien. Lokasi pada penelitian ini bertempat pada UPTD PKB Kab. Tangerang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung waktu rata – rata pelaksanaan pengujian laik jalan. Setelah melakukan penelitian di dapatkanlah hasil jawaban dari rumusan masalah. Alat uji pada UPTD PKB Kab. Tangerang tidak semua berfungsi ada 2 alat uji yang tidak berfungsi. Waktu eksisting pelaksanaan pengujian laik jalan yaitu 4 menit 27 detik. Waktu pelaksanaan pengujian laik jalan berdasarkan pengambilan data yaitu 8 menit 25 detik. Tata letak alat uji eksisting pengujian laik jalan UPTD PKB Kab. Tangerang belumlah efisien dikarenakan dapat menyebabkan proses pengujian menjadi terganggu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengujian Laik Jalan, Analisis Waktu, Standar Waktu, Kendaraan Angkutan Barang |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works K Law > K Law (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 19.03.0611 19.03.0611 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:16 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:16 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/348 |
Actions (login required)
View Item |