PRATMA, NAJWAN NOERDIANSYAH (2025) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN KALIURANG (KENTUNGAN – SELOKAN MATARAM) MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023 DAN MIKROSIMULASI VISSIM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011051-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011051-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (69kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011051-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011051-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011051-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011051-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (228kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011051-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas Jalan Kaliurang (Kentungan–Selokan Mataram) di Kabupaten Sleman merupakan koridor penting yang mengalami penurunan kinerja lalu lintas akibat tingginya volume kendaraan dan hambatan samping yang intens. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja ruas jalan tersebut menggunakan metode PKJI 2023 dan menyimulasikan skenario perbaikan melalui perangkat lunak mikrosimulasi PTV VISSIM 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada jam sibuk hari kerja, volume lalu lintas mencapai 2.583,3 smp/jam dengan kapasitas jalan sebesar 3.076,6 smp/jam, menghasilkan derajat kejenuhan 0,84 dan tingkat pelayanan E. Kecepatan tempuh hasil perhitungan PKJI adalah 31 km/jam dengan waktu tempuh 151,2 detik, sementara hasil pengamatan lapangan menunjukkan waktu tempuh aktual rata-rata 298,78 detik, menandakan adanya hambatan samping tinggi (503,2 kejadian/jam). Simulasi dengan VISSIM yang telah tervalidasi (GEH < 5 dan MAPE < 10%) menunjukkan bahwa skenario optimal (S30), yaitu kombinasi pelebaran jalan, penambahan lajur, penghapusan parkir on-street, sistem satu arah, dan pembatasan kendaraan sedang, mampu meningkatkan kecepatan rata-rata sebesar 11,56%, menurunkan waktu tempuh 30,93%, menurunkan kepadatan 67,74%, okupansi 64,76%, serta tundaan relatif hingga 92,66%. Hasil ini membuktikan bahwa perbaikan terpadu berbasis simulasi dapat secara signifikan meningkatkan kinerja ruas jalan perkotaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKJI 2023, PTV VISSIM, kecepatan tempuh, derajat kejenuhan, simulasi lalu lintas, Jalan Kaliurang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011051 21011051 |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:00 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:00 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |