BACHTIAR, MUHAMMAD FAQIH DWI (2025) LAPORAN MAGANG 2 INPEKSI ALAT BERAT CRAWLER CRANE KOBELCO MODEL 7080 80 TON SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG DEMAK SEKSI 1B DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS(FMEA). Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21013108_MAGANG 2_ABSTRAK.pdf Download (586kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
21013108_MAGANG 2_BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013108_MAGANG 2_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013108_MAGANG 2_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013108_MAGANG 2_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013108_MAGANG 2_BAB 5.pdf Download (150kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013108_MAGANG 2_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
Abstract
Proyek pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia membawa tantangan besar dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), terutama dalam penggunaan alat berat seperti crawler crane. Laporan ini bertujuan untuk menganalisis upaya pencegahan kecelakaan kerja melalui inspeksi alat berat crawler crane Kobelco model 7080 berkapasitas 80 ton pada proyek pembangunan Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 1B. Metode yang digunakan adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), yang memungkinkan identifikasi, evaluasi, dan prioritisasi potensi kegagalan alat berdasarkan nilai Risk Priority Number (RPN). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan inspeksi langsung, baik dalam kondisi mesin mati maupun hidup, yang dilengkapi checklist sesuai standar ISO 45001. Hasil inspeksi menunjukkan adanya kerusakan dengan tingkat risiko tinggi hingga kritis, seperti kebocoran sistem hidraulik, ketidakterpasangan tombol emergency shutdown, dan kerusakan sistem pendingin. Nilai RPN tertinggi tercatat pada kerusakan pompa dan selang hidraulik (RPN=480), menandakan urgensi tindakan perbaikan. Temuan ini menegaskan pentingnya implementasi sistematis inspeksi alat berat sebagai bagian dari manajemen K3, guna menurunkan potensi kecelakaan kerja, meningkatkan efisiensi operasional, dan menjaga keselamatan tenaga kerja di lingkungan proyek konstruksi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | K3, FMEA, alat berat, inspeksi, risiko kerja, , Jalan Tol Semarang–Demak. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013108 21013108 |
Date Deposited: | 26 May 2025 01:34 |
Last Modified: | 26 May 2025 01:34 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |