EVALUASI KINERJA PELAYANAN TRANS JATENG KORIDOR VI SEMARANG – GROBOGAN

NABILA, EM FAIQSA DAVID (2025) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TRANS JATENG KORIDOR VI SEMARANG – GROBOGAN. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
21011040-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf

Download (748kB)
[img] Text (BAB 1)
21011040-MAGANG 2-BAB 1.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 2)
21011040-MAGANG 2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011040-MAGANG 2-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011040-MAGANG 2-BAB 4.pdf

Download (71kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21011040-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Transportasi umum yang efisien dan berkualitas sangat penting dalam meningkatkan mobilitas masyarakat serta mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Penelitian ini mengevaluasi kinerja pelayanan Bus Trans Jateng Koridor VI Semarang–Grobogan berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 27 Tahun 2015 dan SK Dirjen Perhubungan Darat No. 687/AJ.206/DRJD/2002. Metode penelitian menggunakan observasi lapangan dan analisis skoring terhadap enam aspek pelayanan, yaitu keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keamanan (95,6%) dan keselamatan (86,7%) tergolong sangat baik. Sementara itu, kenyamanan (78,1%), keterjangkauan (73,4%), dan keteraturan (72,5%) masuk dalam kategori baik, namun masih membutuhkan peningkatan dalam kapasitas penumpang berdiri dan ketersediaan informasi di halte. Aspek kesetaraan (60%) masih memerlukan perhatian lebih, terutama dalam penyediaan fasilitas ramah disabilitas. Dari sisi operasional, rata-rata load factor sebesar 43,5% masih di bawah standar 70%, sedangkan headway saat jam sibuk (10,8 menit) dan jam non-sibuk (18,8 menit) belum memenuhi standar ideal. Meskipun waktu tempuh dan waktu tunggu telah sesuai standar, beberapa perbaikan diperlukan, seperti optimalisasi rute, peningkatan fasilitas halte, penyediaan informasi yang lebih lengkap, serta peningkatan sistem keselamatan dan kenyamanan penumpang. Dengan implementasi rekomendasi ini, diharapkan layanan Trans Jateng Koridor VI dapat lebih optimal dalam mendukung mobilitas masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI, TRANSPORTASI UMUM, BUS RAPID TRANS, TRANS JATENG, SKORING
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011040 21011040
Date Deposited: 13 May 2025 14:56
Last Modified: 13 May 2025 14:56
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item